KPU Bakal Lakukan Rapat Pleno Hasil Pemilu Jawa Barat dan Papua Barat Daya Malam Ini

KPU Bakal Lakukan Rapat Pleno Hasil Pemilu Jawa Barat dan Papua Barat Daya Malam Ini

Nasional | okezone | Senin, 18 Maret 2024 - 16:03
share

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melanjutkan rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilu tingkat nasional pada Senin (18/3) malam ini. Adapun agenda rapat pleno akan melakukan pengesahan suara pada Provinsi Jawa Barat dan Papua Barat Daya.

"Sidang rapat pleno diskors sampai pukul 20.30 WIB, akan dilakulan dua agenda yang pertama Jawa Barat dan kemudian Papua Barat Daya," kata Anggota KPU, August Mellaz di Kantor KPU, Senin (18/3/2024).

Sehingga jika hari ini dua provinsi itu rampung, maka tersisa tiga provinsi lainnya yang akan disahkan yaitu Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Maluku. August mengatakan rapat pleno untuk tiga provinsi itu baru dilakulan pada Selasa (19/3) besok.

"Itu (Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Maluku) dijadwalkan kemungkinannya besok, kalau kita lihat proses yang berlangsung tanggal 18 dan tanggal 19 akan bisa kita selesaikan semua untuk tenggat terkait dengan rekapitulasinya," jelasnya.

Kendati demikian, Ia belum memastikan kapan penetapan hasil Pemilu akan diumumkan. Ia hanya menjelaskan bahwa KPU mempunyai batas untuk mengumumkan hasil Pemilu hingga 20 Maret 2024.

"Yang jelas KPU mempunyai ruang gerak hingga 20 Maret sesuai ketentuan," tutupnya.

Sebagai informasi, KPU telah menuntaskan rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara di sebanyak 33 Provinsi di Indonesia. Tersisa lima Provinsi yang belum dilakukan rapat pleno hasil penghitungan suara. Lima provinsi itu di antaranya ialah Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Barat Daya dan Papua Pegunungan.

Topik Menarik