Viral Pria Disebut Paspampres Rebut Spanduk Emak-Emak, Ternyata Begini Faktanya

Viral Pria Disebut Paspampres Rebut Spanduk Emak-Emak, Ternyata Begini Faktanya

Nasional | okezone | Senin, 18 Maret 2024 - 11:54
share

JAKARTA - Viral di media sosial seorang ibu-ibu membentangkan spanduk saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Gelugur, Labuhan Batu, Sumatra Utara pada Jumat (15/3) lalu. Spanduk tersebut dinarasikan diambil oleh anggota Paspampres .

Menanggapi itu, Asintel Paspampres, Kolonel Kav Herman Taryaman menegaskan bahwa spanduk tersebut bukan diambil oleh anggota Paspampres, melainkan seorang berpakaian sipil berwarna merah.

"Apabila kita perhatikan dalam video yang beredar di media sosial (medsos) terkait adanya seseorang yang berbaju sipil warna merah lengan panjang merebut spanduk dari warga kami yakinkan itu bukan anggota Paspampres," tegas Herman dalam keterangannya, Senin (18/3/2024).

Herman menjelaskan Paspampres sesuai tugas dan fungsinya yang telah diatur dalam Undang-Undang no 34 Thn 2004 tentang Pengamanan VVIP adalah melaksanakan tugas dengan cara pengamanan fisik jarak dekat terhadap VVIP.

"Dalam pelaksanaan tugasnya Paspampres fokus terhadap pengamanan VVIP," kata Herman.

Kunjungi Mako Paspampres, Ini Pesan Panglima TNI

Dalam setiap pelaksanaan tugasnya, kata Herman, Paspampres menggunakan seragam resmi dilengkapi dengan tanda pengenal berupa PIN yang menempel di kerah baju.

"Saat melaksanakan tugas pengamanan obyek VVIP Presiden RI Joko Widodo di Pasar Gelugur Kab Labuhan Batu, Paspampres menggunakan baju resmi taktical lengan panjang warna biru untuk main grup dan baju resmi taktical lengan pendek warna merah marun untuk tim advance," ungkapnya.

Herman kembali menegaskan bahwa Paspampres hanya fokus pada pengamanan fisik jarak dekat VVIP. "Kami sampaikan sekali lagi bahwa tugas Paspampres fokus terhadap pengamanan fisik jarak dekat terhadap VVIP," tandasnya.

Topik Menarik