Sejarah Singkat Masjid Melayu Tertua di Medan, Informasi Selengkapnya di Okezone Update!

Sejarah Singkat Masjid Melayu Tertua di Medan, Informasi Selengkapnya di Okezone Update!

Nasional | okezone | Minggu, 17 Maret 2024 - 14:19
share

Di kota Medan, Sumatera Utara, ada sebuah masjid yang masih berdiri kokoh sejak tahun 1854.

Masjid yang kental dengan budaya Melayu ini, merupakan masjid tertua di kota Medan, peninggalan Kesultanan Deli.

Masjid Raya Al Osmani atau yang sering disebut warga sekitar sebagai Masjid Kuning, terletak di Jalan Komodor Laut Yos Sudarso, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Masjid peninggalan Kerajaan Deli oleh Sultan Osman Perkasa Alam yakni Sultan Ketujuh pada tahun 1854 ini, merupakan masjid tertua di Kota Medan yang telah berumur 170 tahun yang menjadi kebanggaan warga pesisir Kota Medan.

Memiliki warna khas Melayu yakni dominan kuning, Masjid Raya Al Osmani ini memiliki gabungan struktur bangunan berbagai negara yakni Eropa, China, Turki dan Melayu. Masjid ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Kota Medan.

Selama bulan suci Ramadan, Masjid Raya Al Osmani ini, biasa digunakan jemaah untuk melaksanakan salat tarawih, iftar jamai atau berbuka puasa bersama, tadarus hingga pelaksana salat idulfitri.

Sementara itu, sebuah pondok pesantren di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat memiliki salat tarawih super cepat. Dengan total 23 rakaat, di ponpes ini, tarawih selesai dalam waktu tujuh menit.

Gerakan salat tidak berubah sama sekali tetapi berlangsung lebih cepat dari salat tarawih pada umumnya. Meskipun salat tarawih cepat, para jemaah tidak merasa aneh lantaran sudah terbiasa.

Salat super cepat hanya dilakukan untuk salat tarawih dan witir. Untuk salat lima waktu durasi salatnya sama seperti salat pada umumnya.

Semua informasi ini bisa Anda saksikan di Okezone Updates dengan Channel Okezone TV, Minggu (17/3/2024), pukul 21.00 WIB.

Berita menarik lainnya bisa Anda saksikan di Okezone Updates di MNC VISION, K-VISION, MNC PLAY, VISION TV, VISION PLUS, Portal Okezone.com, YouTube Okezone dan Streaming di http://tv.okezone.com/streaming. Tayang setiap hari pukul 21.00 WIB. Jangan Sampai Kelewat ya!​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

Topik Menarik