Kabar Duka! Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia

Kabar Duka! Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia

Nasional | okezone | Selasa, 5 Maret 2024 - 07:29
share

JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) Solihin GP meninggal dunia pada Selasa (5/3/2024). Informasi itu dibagikan langsung oleh mantan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla. 

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka cita sedalam dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bpk Solihin GP. Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Al Fatihah,” tulis JK di laman media sosial pribadinya, Selasa (5/3/2024).

Diketahui, Solihin GP, yang lahir pada 21 Juli 1926, adalah seorang mantan perwira TNI yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat pada periode 1970 hingga 1975. 

Ia memulai karier militernya selama masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, lalu bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Solihin GP semasa hidupnya pernah menempuh pendidikan di beberapa instansi yang dimulai dari Europeesche Lagere School (ELS), kemudian Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) Bogor, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Tinggi, Sekolah Staf Komando Angkatan Darat, dan US Army Infantry School.

Topik Menarik