Rumah Pria Lansia Digeruduk Warga di Tangsel, Diduga Jalani Praktik Santet

Rumah Pria Lansia Digeruduk Warga di Tangsel, Diduga Jalani Praktik Santet

Nasional | karawang.inews.id | Minggu, 3 Maret 2024 - 16:04
share

TANGSELiNewsKarawang.id- Kediaman seorang pria lansia berinisial HE (67) digeruduk puluhan warga di kawasan Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (3/3/2024). Mereka menuding  HE (67) menjalani praktik santet.

Aksi warga tak berujung gesekan fisik. Namun dari kediaman HE, warga mengamankan ratusan lembar foto wajah warga berukuran sedang yang ditancapi banyak jarum-jarum kecil.

Selain itu terlihat pula ada lingkaran berwarna merah yang dibubuhkan pada beberapa sisi tubuh dalam foto. Kebanyakan foto itu merupakan warga sekitar yang pernah bersinggungan langsung dengan HE.

Salah satu warga, Egy Abdulgani, menunjukkan jika foto dirinya ada dalam ratusan foto yang diamankan. Dalam foto itu, wajahnya nampak ditancapi sejumlah jarum. Lalu pada bagian kedua bahu dicetak tebal menggunakan tinta berwarna merah.

"Ini foto saya, liHat sendiri ada banyak tusukan jarum. Memang saya merasakan sakit, udah wara-wiri rumah sakit sampai kejual 2 mobil buat berobat, tapi nggak ada apa-apa hasil rekam medisnya," ungkap Egy di lokasi.

Hal serupa dialami warga lainnya, Abdullah, di mana dia kaget begitu mendapati ada foto wajahnya dalam kondisi ditancapi banyak jarum. Padahal, kata dia, foto itu merupakan foto lama yakni tahun 1998 silam.

"Itu foto tahun 1998, saya juga bingung dia dapat dari mana," tuturnya.

Anggota kepolisian dari Polsek Ciputat Timur didampingi pengurus lingkungan turut memediasi kegaduhan di lokasi. Saat didesak warga, HE mengakui jika dia memang menjalani ritual gaib terhadap semua warga dalam foto itu.

"Dia tadi bilang, jadi foto-foto itu dibuat supaya adem, nggak tahu maksud ademnya itu gimana," imbuh Abdullah.

Setelah menjalani mediasi bersama, akhirnya HE membuat surat pernyataan di atas materai yang turut ditandatangani Ketua RW setempat serta 8 saksi warga.

"Dengan ini menyatakan, tidak lagi melakukan kegiatan spiritual," bunyi surat pernyataan itu.

Ketua RW setempat, Agus Suhaimi, tak mau berkomentar banyak. Dia hanya membenarkan bahwa ada ratusan foto yang diamankan dari kediaman HE, termasuk foto wajahnya.

"Ada foto saya juga, ini udah saya ambil. Tadi dia (HE) sudah buat surat pernyataan bermaterai nggak akan mengulangi lagi," ucapnya.

Topik Menarik