Soroti Sirekap KPU, Partai Perindo: Pemilu 2024 Kurang Legitimasi!

Soroti Sirekap KPU, Partai Perindo: Pemilu 2024 Kurang Legitimasi!

Nasional | okezone | Rabu, 28 Februari 2024 - 19:07
share

JAKARTA - Partai Perindo menyoroti Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI) pada Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Perindo, Ahmad Rofiq menilai, Pemilu 2024 saat ini sudah tidak memiliki legitimasi dalam pelaksaannya.

Pemilu itu bukan hanya sekedar angka-angka, tetapi legitimasi itu yang paling utama. Hari ini pemilu sangat berkurang soal legitimasi, kata Rofiq di Kantor DPP Partai Perindo, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Rofiq menilai, masyarakat tidak mengetahui secara pasti terhadap permasalahan yang ditimbulkan oleh Sirekap milik KPU RI.

Karena ketika KPU menyatakan bahwa prosesnya udah benar, tetapi hasilnya lagi-lagi tidak pernah benar, jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Perindo, Ahmad Rofiq mengatakan bahwa dengan masih adanya permasalahan pada Pemilu 2024, pihaknya mengajukan Pemilu ulang.

Sebagai bagian dari sikap Partai Perindo, kita minta agar Pemilu baik Pilpres maupun Pileg, kita mengajukan pemilu ulang, kata Rofiq.

Rofiq menjelaskan, pemilu ulang ini menjadi sangat penting sekaligus menjadi pembelajaran bagi demokrasi di Indonesia agar para penyelenggara Pemilu tidak main-main.

Selain itu, Rofiq juga meminta agar kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yntuk menggunakan hak angket untuk meneliti dan mencari fakta terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

Untuk mencari fakta terkait dengan pelaksanaan undang-undang atau terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang strategis, yang berdampak kepada masyarakat-masyarakat, agar mengaudit secara keseluruhannnya. Agar pembenaran terkait dengan pemilu ulang itu dapat dilakukan, jelasnya.

Topik Menarik