4 Fakta Penangkapan Anggota KKB Alenus Tabuni di Depan Puskesmas

4 Fakta Penangkapan Anggota KKB Alenus Tabuni di Depan Puskesmas

Nasional | okezone | Kamis, 22 Februari 2024 - 05:01
share

JAKARTA - Tim Satgas Damai Cartenz (DC) menangkap anggota KKB Alenus Tabuni yang namanya itu sebelumnya telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pentolan KKB Papua itu ditangkap pada Minggu 18 Februari 2024 di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Berikut sejumlah faktanya:

1. Alenus Tabuni Miliki Peran Penting

Kasatgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Rahmadani mengatakan, Alenus Tabuni alias Kobuter terlibat dan memiliki peran penting dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di wilayah Puncak.

Alenus awalnya tergabung dalam kelompok KKB pimpinan Goliath Tabuni, namun kemudian gabung dengan Numbuk Telenggen.

2. Sepak Terjang Alenus

Kasatgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Rahmadani mengatakan, peran dari Alenus Tabuni alias Kobuter di antaranya terlibat pembakaran base kamp PT Unggul tanggal 11 Februari 2021 di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Selanjutnya pada tanggal 14 April 2021, dia terlibat penembakan tukang ojek Udin di dekat balai kampung Eromaga yang mengakibatkan korban meninggal, tanggal 24 April 2021, melakukan pemukulan terhadap Kepala Distrik Gome, Nius Tabuni di Distrik Gome, tanggal 3 Mei 2021, terlibat penembakan anggota TNI di kampung Undome, Distrik Gome.

Dalam insiden penembakan itu korban selamat, kata Faizal seraya menambahkan, tanggal 9 Mei 2021, terlibat dalam pembakaran bangunan pariwisata di seputaran bandar udara Aminggaru, Distrik Ilaga.

Sementara pada 11 Mei 2021, KKB Alenus dilaporkan berusaha membakar truk yang digunakan TNI-Polri namun tidak terwujud karena telah berpindah tempat tanggal 3 Juni 2021, terlibat dalam penembakan terhadap Habel Alengpen hingga meninggal.

Topik Menarik