Soal Isu AHY Dilantik Jadi Menteri ATR Besok, Ini Kata Mendagri

Soal Isu AHY Dilantik Jadi Menteri ATR Besok, Ini Kata Mendagri

Nasional | okezone | Selasa, 20 Februari 2024 - 21:56
share

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dikabarkan bakal dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) pada Rabu, 21 Februari 2024, besok.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Tito Karnavian menyebut, hal itu itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Ini baru saya tahu juga ini. Itu kan prerogatif presiden," kata Tito saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Tito tidak memastikan kebenaran informasi tersebut, namun ia juga tidak membantah. Meski mengaku belum mendengar kabar itu, dia memastikan akan mengikuti apapun yang diputuskan Presiden Jokowi.

"Jadi, apapun yang diputuskan presiden, kalau saya sebagai Mendagri apapun itu pasti sami’na wa atho’na (kami dengar dan patuh). Saya ikut saja, namanya pembantu, kita membantu presiden," katanya.

Diketahui, isu pelantikan AHY bersamaan dengan beredarnya kabar bahwa Menteri Agraria dan Tata Ruang Hadi Tjahjanto akan dilantik sebagai Menko Polhukam oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 21 Februari 2024.

"Tadi ada yang ngasih tau sama saya, wartawan juga. Saya belum tahu, saya kan di dalam Keppres kan sudah jelas sekali saya menjadi plt pelaksana tugas Menko Polhukam setelah pak Prof Mahfud menyatakan mengundurkan diri. Jadi di situ disebut saya menjadi plt sampai dengan adanya pejabat definitif," kata Tito.

Tito menegaskan, jika sudah ada pejabat definitif, berarti tugasnya sebagai Plt Menko Polhukam telah selesai.

"Kalau misalnya bapak Presiden sudah punya pejabat definitif, berarti tugas saya sebagai plt selesai. Saya tetap melaksanakan tugas sebagai Mendagri," katanya.

Topik Menarik