Sri Sultan HB X Akui Diminta Jokowi agar Jembatani Pertemuan dengan Megawati

Sri Sultan HB X Akui Diminta Jokowi agar Jembatani Pertemuan dengan Megawati

Nasional | okezone | Senin, 12 Februari 2024 - 19:39
share

YOGYAKARTA - Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X membenarkan dirinya diminta Presiden Jokowi untuk menjembatani pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sultan akan bersifat pasif menunggu Jokowi memintanya.

Betul. Tapi kan saya nunggu Presiden. Saya akan menjembatani ya terserah Presiden. Gitu aja, kata Sultan ditemui wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Senin (12/2/2024).

Sultan selama ini hanya akan menunggu karena inisiatif pertemuan itu akan tergantung dari presiden. Jika tidak jadi pertemuan juga tidak masalah.

Ya, nunggu kalau memang presiden memerlukan saya bersedia. Kan hanya itu. Kalau gak ya gak papa. Udah gitu saja, kata Sultan.

Sultan mengatakan inisiatif untuk menjembatani pertemuan itu datang dari Presiden Jokowi. Jadi dan tidaknya tergantung dari presiden sendiri.

Ya terserah bapak presiden mau perlu ketemu Mbak Mega mau saya fasilitasi tidak, kan gitu. Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur, katanya.

Meski bersedia membantu pertemuan itu, Sultan tetap akan bersifat pasif. Sultan juga tidak akan mengejar untuk dilakukan pertemuan.

Kalau saya kan sifatnya pasif, lha kalau presiden nggak. Mungkin kalau tolong mbok saya dianter misalnya gitu, gak ada ya gak to. Ya terserah bapak presiden sendiri. Saya kan pasif bukan ngoyak-ngoyak gitu lho, katanya.

Sebelumya beredar kabar jika pertemuan Jokowi dengan Sultan di Keraton Yogyakarta beberapa wkatu lalu salah satu isinya Jokowi minta Sultan memfasilitasi pertemuan ini.

Topik Menarik