Panwas Cantik Viral di Medsos, Nekat Panjat Pohon Kelapa demi Tertibkan APK?

Panwas Cantik Viral di Medsos, Nekat Panjat Pohon Kelapa demi Tertibkan APK?

Nasional | sidoarjo.inews.id | Senin, 12 Februari 2024 - 11:52
share

SELONG, iNewsSidoarjo.id - Petugas Pengawas Tempat Pungutan Suara (PTPS) bernama Nurmayanti (24), yang berasal dari Desa Perian, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur, menjadi viral di media sosial ( medsos) karena keberaniannya memanjat pohon kelapa demi menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK).

Nurma, begitu dia akrab dipanggil, mengaku bahwa ini merupakan tugas pertamanya sebagai pengawas Pemilu.

Saat sedang melakukan pengawasan di wilayah Desa Perian bersama empat rekannya, Nurma melihat adanya APK yang terpasang di atas pohon kelapa.

Nurma mengakui bahwa keputusannya untuk memanjat pohon kelapa murni didasari oleh rasa tanggung jawab dan keberanian. Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa tindakannya tersebut dilakukan dengan totalitas tanpa batas.

Hal tersebut dilakukan Nurma tak lain karena tidak ada yang bisa memanjat ke pohon tersebut kecuali dia, Nurma nekat memanjat pohon untuk menurunkan APK yang terpasang di atasnya.

Sementara, Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Lombok Timur, Kasmayadi, menyampaikan bahwa Bawaslu sebelumnya telah memberikan imbauan kepada setiap ketua partai untuk melakukan penertiban APK.

Namun, imbauan tersebut tidak diindahkan sepenuhnya oleh partai politik.

Bawaslu tidak memiliki wewenang untuk melakukan penindakan tegas, namun mereka bersedia membantu penertiban jika diperlukan, dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dan Aparatur Penegak Hukum (APH).

Nurma mengaku, meskipun keselamatannya tidak dihiraukan, tanggung jawab sebagai pengawas membuatnya nekat melakukannya. iNewsSidoarjo

Topik Menarik