Apakah Nyi Roro Kidul Berasal dari Jawa? Ini Penjelasannya

Apakah Nyi Roro Kidul Berasal dari Jawa? Ini Penjelasannya

Nasional | okezone | Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:45
share

JAKARTA - Apakah Nyi Roro Kidul berasal dari Jawa? Ini penjelasannya yang jarang orang tahu.Diambil dari beberapa sumber, legenda Nyi Roro Kidul merupakan kisah seorang putri cantik yang tinggal di kerajaan Pakuan Pajajaran yang terdapat di Jawa Barat.

Lantas apakah Nyi Roro Kidul berasal dari Jawa? Adapun legenda Nyi Roro Kidul merupakan kisah seorang putri cantik yang tinggal di kerajaan Pakuan Pajajaran yang terdapat di Jawa Barat. Putri tersebut bernama Kandita.

Putri Kandita adalah salah satu dari sekian banyaknya yang dimiliki oleh Raja Prabu Siliwangi. Sementara itu, Nyi Roro Kidul sayogianya adalah sosok gaib. Konon, ia digambarkan memiliki paras ayu dan sangat menyukai warna hijau. Hingga muncul mitos di masyarakat jika berkunjung ke pantai selatan Jawa jangan mengenakan baju hijau, karena bisa dijadikan pasukan Nyi Roro Kidul.

Berdasarkan cerita rakyat yang berkembang secara turun temurun, Nyi Roro Kidul merupakan seorang putri dari Kerajaan Sunda Padjajaran. Nama asli Nyi Roro Kidul adalah Putri Kadita.

Putri Kadita merupakan anak dari Prabu Siliwangi ke VI yang digambarkan memiliki wajah cantik dan budi pekertinya pun baik.

Topik Menarik