Sebelum Pilpres 2024 Selesai, TPN Ganjar-Mahfud Tolak Berkompromi

Sebelum Pilpres 2024 Selesai, TPN Ganjar-Mahfud Tolak Berkompromi

Nasional | okezone | Rabu, 7 Februari 2024 - 21:32
share

JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan bahwa selama tahapan kontestasi Pilpres 2024 berlangsung, jangan sampai ada kompromi-kompromi untuk mengajak lawan politiknya bekerja sama.

Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto berpandangan bahwa rakyat harus diberi kebebasan terlebih dahulu untuk memilih pemimpinnya.

"Artinya kita berbagi boleh, tetapi dengan cara-cara yang demokratis. Bukan kemudian dipaksakan satu putaran kemudian baru berbagi, nggak mau kita," kata Hasto dalam sebuah acara yang digelar di perpustakaan Habibie & Ainun, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Sekjen PDI Perjuangan itu pun mengutip pernyataan suami Megawati Soekarnoputri yang juga mantan ketua MPR, Taufik Kiemas saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 2012. Saat itu, PDIP mengusung pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya ingat pesan almarhum Pak Taufik ketika pilkada 'Hasto kalau mau menang jangan 5-0, kita ini Indonesia negara plural, 3-2, kasih yang lain'. Itu kan satu hal yang sangat bijak dari beliau," ujarnya.

"Nah, karena itulah dengan melihat bahwa distorsi itu melihat hal-hal fundamental, di atas hukum itu ada etika. Maka sebentar dulu kalau mau bicara kompromi," tuturnya melanjutkan.

Menurut dia, Pemilu harus menjadi tempat di mana rakyat menjadi pemegang kedaulatan tertinggi. Mereka bebas untuk menentukan calon pemimpinnya, tanpa adanya intervensi dan tekanan.

Topik Menarik