Yenny Wahid : Tidak Betul Ponpes Tebuireng Dukung Paslon 02

Yenny Wahid : Tidak Betul Ponpes Tebuireng Dukung Paslon 02

Nasional | okezone | Rabu, 7 Februari 2024 - 18:06
share

JAKARTA - Putri Presiden ke-4 RI KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid menepis pemberitaan soal maklumat dukungan Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur ke pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Yenny menegaskan bahwa berdasarkan keterangan Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin selaku pengasuh pesantren Tebuireng bahwa Ponpes Tebuireng netral di Pemilu 2024.

"Berkaitan dengan pemberitaan bahwa ada maklumat Tebu Ireng yang menyatakan bahwa Pondok Pesantren Tebuireng mendukung Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2, saya sudah komunikasi langsung dengan pengasuh Ponpes Tebuireng, Gus Kikin bahwa posisi Ponpes Tebuireng itu netral," kata Yenny dalam sebuah video yang diterima MNC Portal Indonesia, Rabu (7/2/2024).

"Jadi tidak betul kalau ada yang mengatasnamakan Ponpes Tebuireng yang mengatakan mendukung Paslon 02," tambahnya.

Yenny menyebut bahwa jika ada yang mengatasnamakan Ponpes Tebuireng itu pribadi. Ia pun mempersilahkan kalau pribadi, namun jangan bawa nama Ponpes Tebuireng.

"Yang jelas Ponpes Tebuireng sikapnya itu netral, kalau ada yang mengatasnamakan itu pribadi. Kalau pribadi silahkan saja, tapi tolong jangan mengatasnamakan Ponpes Tebuireng," ujarnya.

Lebih lanjut, Yenny yang juga keluarga besar Ponpes Tebuireng itu tidak mengatasnamakan ponpes meski secara jelas mendukung Paslon 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Ia tetap menjaga marwah kehormatan Ponpes tidak dibawa ke politik praktis.

"Saya sendiri juga keluarga besar Tebuireng, tapi ketika beraktifitas politik diluar sana sudah jelas dukungan saya untuk 03. Saya tidak akan mengatasnamakan Ponpes Tebuireng. Karena menjaga marwah kehormatan Ponpes Tebuireng jangan dibawa bawa ke politik praktis," tuturnya.

Topik Menarik