Sukseskan IKN, Ganjar Pranowo Bakal Bangun SDM Unggul Rakyat Kalimantan

Sukseskan IKN, Ganjar Pranowo Bakal Bangun SDM Unggul Rakyat Kalimantan

Nasional | sindonews | Selasa, 6 Februari 2024 - 16:01
share

Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menegaskan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi program prioritasnya ketika terpilih jadi Presiden. Dengan SDM unggul, kata Ganjar, maka keberhasilan program-program besar di Indonesia akan terlaksana, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan Ganjar di hadapan ribuan masyarakat Kalimantan Timur saat menghadiri Hajatan Rakyat di Balikpapan, Selasa (6/2/2024).

"Kalimantan Timur akan berubah luar biasa karena di sinilah akan muncul Ibu Kota baru yang namanya Ibu Kota Nusantara. Maka kita harus menyongsong dan menyukseskan itu dengan menyiapkan SDM kita unggul," ujar Ganjar.

Baca juga:Soal Anggaran Kementerian Dipotong 5 untuk Bansos, Ganjar: Memang Kemiskinan Kita Meningkat?

Maka pembangunan SDM, lanjut Ganjar, adalah prioritas. Seluruh masyarakat Kaltim harus menyiapkan SDM unggul agar mendapat manfaat dari keberadaan IKN.

"Kalau SDM kita unggul, maka masyarakat khususnya warga Kaltim akan mendapat nilai tambah dari keberadaan IKN ini," jelasnya.

Membuat SDM unggul, lanjut Ganjar, tidak bisa instan. Bahkan, Ganjar menyebut SDM unggul tidak bisa hanya dengan makan gratis. Semua harus dipersiapkan sejak dini, bahkan sebelum perkawinan terjadi.

"Maka kalau di debat kemarin ada yang bilang makan siang gratis, itu terlambat untuk menjadikan SDM kita unggul. Harus dimulai sejak awal bahkan sebelum perkawinan," kata Ganjar.

Pencegahan perkawinan anak harus terus dilakukan. Pemenuhan gizi dan nutrisi pada ibu hamil penting agar bayi dalam kandungan sehat dan ibu melahirkan selamat.

"Maka pentingnya akses kesehatan agar masyarakat mudah memeriksakan kesehatannya termasuk kandungannya," ungkapnya.

Setelah itu, hal yang paling penting selanjutnya adalah pendidikan. Setelah bayi lahir sehat dan ibu selamat, maka negara wajib memberikan fasilitas pendidikan yang baik.

"Maka kami membuat program wajib belajar 12 tahun dan itu gratis agar semua anak kita bisa sekolah. Kita tambahi untuk warga miskin dengan program satu keluarga miskin satu sarjana. Kalau itu dilakukan, maka SDM kita pasti menjadi generasi emas," terangnya.

Kalau SDM unggul maka mimpi Indonesia maju akan menjadi kenyataan. Kerja mudah dan harga murah hanya bisa tercipta jika SDM Indonesia unggul dan teruji.

Baca juga:Ganjar Akan Beri Perhatian Isu Lokal Kaltim, Mulai Masyarakat Adat hingga Petani Sawit

"Kalau SDM unggul, maka investasi bisa bagus dan tidak akan ada lagi KKN. Karena lewat pendidikan kita ajarkan karakter yang baik agar anak-anak kita berintegritas," pungkasnya.

Topik Menarik