Alumni dan Civitas Akademika UIN Desak Jokowi Kelola Kepentingan Nasional

Alumni dan Civitas Akademika UIN Desak Jokowi Kelola Kepentingan Nasional

Nasional | okezone | Senin, 5 Februari 2024 - 18:44
share

JAKARTA - Segenap alumni dan civitas akademika UIN Syarif Hidayatullah menilai, sikap Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) cenderung lebih mengutamakan kepentingan elektoral salah satu kandidat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Karena itu, mereka mendesak Jokowi untuk profesional dalam menjalankan tugas negara.

"Mendesak Presiden agar dengan sungguhsungguh mengelola pemerintahan demi dan untuk kepentingan nasional. Bukan demi kepentingan keluarga atau kelompok dengan mengatasnamakan kepentingan nasional," kata Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Saiful Mujani saat ditemui di Taman Landmark UIN, Tangerang Selatan, Senin (5/2/2024).

Saiful menilai, aktivitas Jokowi belakangan waktu terakhir terlihat seperti lebih condong mengutamakan kepentingan elektoral salah satu paslon. Menurutnya, sikap itu bukanlah seorang Presiden sebagai negarawan.

"Situasi ini bukan saja dapat berdampak pada pelayanan pemerintah secara nasional, tapi juga menimbulkan ketidaksolidan dan ketidaknyamanan anggota kabinet," kata Saiful.

Jika Jokowi terus bekeerja seperti itu, Saiful merasa khawato akan menimbulkan instabilitas nasional. Padahal, Jokowi kerap mengingatkan agar sekuruh pihak bergembira dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Namun hari demi hari, yang diperlihatkan adalah tindakan yang cenderung sebaliknya, menambah kepiluan dalam pelaksanaan pemilu/pilpres dan pengelolaan keadaban demokrasi kita," tandasnya.

Selain itu, ia mendesak Jokowi dan aparat negara untuk bersikap netral dalam Pemilu 2024. Sebagai kepala negara, kata Mujani, Jokowi harus netral dan memegang pronsip keadilan dalam Pemilu 2024.

Topik Menarik