Mengenal Rumiah Kartoredjo, Mantan Atlet Sea Games yang Juga Kapolda Wanita Pertama

Mengenal Rumiah Kartoredjo, Mantan Atlet Sea Games yang Juga Kapolda Wanita Pertama

Nasional | okezone | Senin, 5 Februari 2024 - 16:32
share

JAKARTA Mengenal sosok Rumiah Kartoredjo , mantan atlet Sea Games yang juga Kapolda wanita pertama Indonesia, akan dibahas dalam artikel ini.

Brigjen Rumiah Kartoredjo polisi wanita pertama yang pernah menjabat sebagai Kapolda di Indonesia tepatnya Kapolda Banten pada tahun 2008 hingga tahun 2010.

Rumiah juga merupakan polwan lulusan pertama Seskoad dan Sespati yang menjadi inspirasi bagi meningkatnya karir Polwan di Indonesia.

Dilansir beragam sumber, Senin (5/2/2024), Brigjen Rumiah telah lama diberi tugas dalam bagian Humas Polri. Menjabat Kepala Bagian Produksi dan Dokumentasi Divisi Humas Polri pada tahun 2004 hingga 2006, yang kemudian dipindah tugaskan menjadi bagian Sekretaris Lembaga Pendidikan Polri .

Wanita kelahiran 19 Maret 1953 di kota Tulungagung ini merupaka anak dari seorang petani desa. Rumiah Kartoredjo adalah anak ke 5 dari 7 bersaudara.

Mengenyam pendidikan dari Sekolah Dasar hingga pendidikan sarjananya di STO Surabaya yang sekarang dikenal dengan nama Universitas Negeri Surabaya, Rumiah menyandang gelar sebagai sarjana muda olahraga.

Dengan kemampuan yang dimiliki Rumiah dulunya merupakan seorang atlet Softball aktif dalam pertandingan bergengsi di Indonesia, yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON).

Topik Menarik