Rektor UIN Jakarta Nyatakan Sikap Jaga Pemilu 2024, Ini Isinya

Rektor UIN Jakarta Nyatakan Sikap Jaga Pemilu 2024, Ini Isinya

Nasional | okezone | Minggu, 4 Februari 2024 - 14:08
share

JAKARTA - Rektor UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, Asep Saepudin Jahar memberikan pernyataan sikap dalam rangka menjaga Pemilu 2024 yang semakin dekat pelaksanaannya.

Asep mengatakan bahwa Pemilu merupakan salah satu tonggak demokrasi yang berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai warga negara, diminta bersama-sama bertanggung jawab untuk ikut serta dalam menentukan arah masa depan bangsa melalui hak pilih yang dimiliki.

"Untuk itu, mari kita kawal pelaksanaan Pemilu 2024 sebagai panggung yang sarat dengan nilai-nilai kebangsaan, solidaritas, dan persatuan," kata Asep dalam keterangannya, Minggu (4/2/2024).

Dalam menjaga Pemilu 2024 sebagai panggung sarat nilai-nilai kebangsaan, solidaritas, dan persatuan, dia mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan beberapa hal;

Pertama, menghargai dan menghormati perbedaan pilihan politik setiap individu. Perbedaan pandangan dan pilihan politik merupakan modal dalam memperkaya pemahaman sekaligus memperkuat kesadaran berbangsa-bernegara.

Kedua, mengutamakan pendidikan politik bagi masyarakat dan meningkatkan partisipasi Pemilu dengan menjunjung tinggi harmoni, damai, dan bertanggung jawab dalam menggunakan hak pilihnya.

Ketiga, menolak segala bentuk kampanye yang mengandung kebencian dan merendahkan martabat pihak lain sehingga menyulut konflik dan permusuhan.

Topik Menarik