Khatib Jumat Diimbau Beri Pesan Persaudaraan Manusia Jelang Pemilu 2024

Khatib Jumat Diimbau Beri Pesan Persaudaraan Manusia Jelang Pemilu 2024

Nasional | okezone | Jum'at, 2 Februari 2024 - 07:41
share

JAKARTA - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Negara (Kemenag), Kamaruddin Amin mengimbau agar Khatib Jumat pada 2 Februari 2024 menyampaikan pesan tentang persaudaraan manusia. Hal ini berkenaan dengan peringatan Hari Persaudaraan Manusia Internasional (International Day of Human Fraternity) yang ditetapkan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk diperingati setiap 4 Februari sejak 2020.

"Kami telah menerbitkan imbauan kepada para khatib Jumat untuk menyampaikan pesan persaudaraan manusia. Mari kita manfaatkan mimbar keagamaan untuk menyuarakan pesan ini pada pelaksanan Sholat Jumat 2 Februari 2024, ungkap Kamaruddin Amin di Jakarta, dikutip Jumat (2/2/2024).

Penetapan tersebut didasarkan pada peristiwa penandatanganan Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama oleh Grand Syeikh Al-Azhar Ahmed Al Tayeb dan Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Abu Dhabi Uni Emirat Arab pada 4 Februari 2019.

Peringatan ini juga menjadi momentum memperkuat harmonisasi menjaga persaudaraan dan persatuan terlebih jelang Pemilu 14 Februari 2024 mendatang," kata dia.

Dirjen mengatakan, pesan ini penting digaungkan melalui mimbar-mimbar keagamaan. Dikatakannya, persaudaraan dan persatuan merupakan pilar kehidupan manusia. Karena dengan terjalinnya persaudaraan dan persatuan, tatanan kehidupan akan aman dan damai.

Menjaga ukhuwah merupakan karakter yang tidak hanya melekat pada umat Muslim, tapi semua agama juga sepakat untuk menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, ujar dia.

Topik Menarik