Kisah Panembahan Senopati, Masuk Kamar Nyi Roro Kidul hingga Berhasil Kuasai Pulau Jawa

Kisah Panembahan Senopati, Masuk Kamar Nyi Roro Kidul hingga Berhasil Kuasai Pulau Jawa

Nasional | okezone | Jum'at, 2 Februari 2024 - 06:15
share

JAKARTA - Kerajaan Mataram di masa kejayaannya melibatkan peran Panembahan Senopati, yang berhasil mewujudkan ramalan Sunan Giri untuk menguasai Pulau Jawa. Dalam perjalanan menuju kejayaan Mataram, Panembahan Senopati diyakini menggunakan dua cara, yakni cara konvensional dan didukung aspek supranatural. Keterlibatan Nyi Roro Kidul, penguasa Laut Selatan Jawa yang memiliki status legendaris, menjadi salah satu yang berperan.

Sebagaimana dikisahkan dalam buku "Tuah Bumi Mataram: Dari Panembahan Senopati Hingga Amangkurat II" tulisan Peri Mardiyono.

Panembahan Senopati konon menjalin kerjasama dengan Nyi Roro Kidul untuk mencapai kejayaan Mataram. Tak hanya Senopati, para raja Mataram lainnya juga disebut-sebut memiliki komunikasi khusus dengan Ratu Kidul. Keyakinan ini masih berakar kuat dalam masyarakat Mataram.

Nyi Roro Kidul, meskipun dianggap sebagai sosok nyata, namun keberadaannya tidak dapat dipahami oleh orang awam. Bertemu dengan Ratu Kidul memerlukan serangkaian ritual dan langkah-langkah khusus, seperti yang dilakukan oleh Panembahan Senopati dan para raja Mataram.

Menurut Babad Tanah Jawi, pertemuan Panembahan Senopati dengan Nyi Roro Kidul membuat sang raja terpesona oleh kecantikan sang ratu. Senopati juga terkesan oleh kemegahan istana bawah laut Ratu Kidul.

Sabet Korban Pakai Sajam, 4 Begal di Bojonggede Ditangkap Polisi

Momen itu terjadi ketika saat Panembahan Senopati diundang masuk ke kamar tidur dalam istana dan tinggal selama tiga hari tiga malam. Dalam kurun waktu tersebut, Panembahan Senopati menerima wejangan dan petunjuk dari Nyi Roro Kidul, yang mengisyaratkan bahwa ia akan menjadi seorang pemimpin yang kuat, mengendalikan umat manusia dan jin.

Topik Menarik