Panglima TNI Agus Subiyanto, Jenderal yang Tak Pernah Lupa Puasa Senin-Kamis

Panglima TNI Agus Subiyanto, Jenderal yang Tak Pernah Lupa Puasa Senin-Kamis

Nasional | okezone | Jum'at, 2 Februari 2024 - 05:02
share

JAKARTA - Jenderal TNI Agus Subiyanto sukses mencapai puncak karier militernya saat dilantik sebagai Panglima TNI pada Rabu 22 November 2023. Jenderal Kopassus ini menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

Perjalanan hidup Jenderal Agus diwarnai pahit dan getir di masa pertumbuhan. Masa kecil hingga remaja Agus Subiyanto adalah titik paling rendah dalam hidupnya. Mendekatkan diri dengan beribadah pada Allah SWT jadi titik balik dalam hidupnya. Agus juga tak lupa menjalankan ibadah sunah seperti berpuasa Senin-Kamis.

Agus menjalani masa kecil yang berat. Saat usianya belum genap 5 tahun saat ibunya pergi entah ke mana, meninggalkan adik, ayah, dan dirinya yang merasa merana. Pada fase selanjutnya Agus kecil pun kerap bertikai dengan ibu tirinya. Puncaknya saat Agus baru naik kelas 2 SMA, ayahnya meninggal dunia.

Kakek Agus dulunya dikenal sebagai pembuat kapal ulung, sedangkan ayahnya, Dedi Unadi, adalah seorang prajurit TNI yang di akhir hayatnya berpangkat sersan kepala (serka).

Dulu, dengan sepeda ontel ayahnya kerap mengajak Agus yang masih berusia 4 tahunan menuju lapangan. Ayahku sebagai tim sepak bola TNI Angkatan Darat. Dia biasanya bermain bola bersama kawan-kawanya hingga menjelang maghrib. Saya menunggunya sambil duduk di pinggir lapangan mengunyah permen pemberian ayah, kata Agus pada 2022.

Topik Menarik