Balai Kartini Milik TNI Dipakai Deklarasi Dukungan Prabowo-Gibran, KSAD: Saya Was-was

Balai Kartini Milik TNI Dipakai Deklarasi Dukungan Prabowo-Gibran, KSAD: Saya Was-was

Nasional | medan.inews.id | Kamis, 1 Februari 2024 - 12:42
share

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak mengakui bahwa Balai Kartini yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan merupakan milik TNI.

Tempat itu sempat digunakan oleh Aliansi Advokat Indonesia (AAI) untuk mendeklarasikan dukungan pada Pemilu kepada pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"(Balai Kartini) Milik TNI," kata Maruli di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (1/2/2024).

Maruli menjelaskan, meskipun Balai Kartini milik TNI namun fasilitas itu juga disewakan secara terbuka kepada publik. Sehingga fasilitas itu bisa disewa oleh orang lain untuk kepentingan umum, termasuk untuk kegiatan politik.

"Bayar, sebetulnya itu kan serba salah, ini kan satu tempat yang sudah dikomersilkan dan bayar pajak. Kan sudah umum, mau kawin di situ juga boleh," kata dia.

Maruli mengakui bahwa perkara penggunaan gedung ini untuk politik membuatnya was-was. Pasalnya, ia memastikan bahwa TNI selalu menghindari adanya celah keributan.

"Sekarang kalau misalnya, gimana ceritanya ya, kalau aset negara, terus di publik, terus disewa, ya sebetulnya kita menghindari karena takut ribut cuma kadang kan miss-miss saja ya," tuturnya.

Topik Menarik