Budidaya Kodok Bercuan Tinggi, Informasi Selengkapnya di Okezone Updates!

Budidaya Kodok Bercuan Tinggi, Informasi Selengkapnya di Okezone Updates!

Nasional | okezone | Rabu, 31 Januari 2024 - 14:30
share


BAGI Anda yang ingin mencoba peluang usaha, budidaya hewan yang satu ini bisa menjadi referensi karena permintaan pasar yang tinggi. Ya, kodok hidup ternyata memiliki potensi dengan omzet fantastis.

Inilah Wayan Suryawan, warga Denpasar yang melirik peluang budidaya kodok di tengah kemajuan pariwisata, khususnya di Bali. Sejak 2021 lalu, Wayan memulai usaha pembesaran kodok budidaya, sebelum akhirnya melakukan pemijahan secara mandiri.

Lahan Minimalis, seluas seratus meter persegi di kawasan Jalan Tunjung Sari, Banjar Tegeh Sari, Denpasar Barat, dimanfaatkan Wayan membudidayakan kodok hasil persilangan bull frog dan kodok lembu.

Pemijahan menjadi tahapan tersulit dalam budidaya kodok karena dari 10 ribu telur yang diproduksi kodok betina yang tumbuh jadi kecebong sekitar 5-6 ribu tergantung kondisi air.

Budidaya kodok dari telur hingga mencapai ukuran maksimal 500 gram ke atas per ekor, membutuhkan waktu empat hingga lima bulan. Saat ini, Wayan dapat memenuhi sekitar 200 kilogram kodok untuk dipasok ke restoran di Bali.

Kodok dijual mulai Rp75 ribu hingga Rp85 ribu perkilogram, tergantung ukurannya. Setiap bulan, Wayan meraih omzet hingga Rp15 juta. Wayan pun siap mendampingi dan memasok bibit kodok bagi warga yang ingin membudidayakan kodok, melihat pangsa pasar yang tinggi.

Tak hanya itu, Okezone Updates juga merangkum sejumlah ide bisnis yang bisa mendatangkan cuan. Mulai dari membuat bedug, menjual hijab, menjual kulit ketupat, beternak telur puyuh dan budidaya ikan koi.

Semua informasi ini bisa Anda saksikan di Okezone Updates dengan Channel Okezone TV, Rabu (31/1/2024), pukul 21.00 WIB.

Berita menarik lainnya bisa Anda saksikan di Okezone Updates di MNC VISION, K-VISION, MNC PLAY, VISION TV, VISION PLUS, Portal Okezone.com, YouTube Okezone dan Streaming di http://tv.okezone.com/streaming . Tayang setiap hari pukul 21.00 WIB. Jangan Sampai Kelewat ya!

Topik Menarik