Anies Baswedan Tekankan Peningkatan SDM dalam PPI Institute 2024

Anies Baswedan Tekankan Peningkatan SDM dalam PPI Institute 2024

Nasional | okezone | Senin, 29 Januari 2024 - 16:17
share

JAKARTA – PPI Dunia adakan PPI Institute 2024 seri kedua dengan bertajuk “Pengembangan Sumber Daya Manusia” yang merupakan kelanjutan dari beberapa rangkaian program PPI Institute.

Acara yang dilaksanakan secara daring tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh publik yang menjadi pembicara seperti, Dr. Ida Fauziyah, M.Si., Menaker RI., Rinaldi Nur Ibrahim, Founder Youth Ranger Indonesia dan H. Anies Baswedan, S.E., M.PP., Ph.D., Calon Presiden RI 2024-2029.

Sejak Sabtu, 20 Januari 2024 lalu PPI Dunia berhasil melaksanakan salah satu program PPI Dunia yaitu PPI Institute yang ini diinisiasi oleh Biro Satuan Pengendalian Internal, Hukum dan Kelembagaan (SPIHK) dengan mengangkat tema “Aktualisasi Pemuda Berjaya, Manifestasi Indonesia Emas 2024”. Rangkaian PPI Institute ini terdiri hingga 6 seri yang akan dilaksanakan pada beberapa waktu mendatang.

Dalam sambutannya, Adi Mahardi selaku Wakil Koordinator PPI Dunia menyampaikan seberapa pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia setelah melihat kenyataan dari tantangan sebenarnya yang dihadapi oleh SDM Indonesia sekarang yaitu tantangan global.

“PPI Institute merupakan salah satu dari sekian banyak program yang diadakan oleh PPI Dunia juga dapat menjadi kesempatan bagi para pelajar Indonesia di dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kompetensi yang terampil, unggul dan berdaya saing dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045 kedepan,” ungkap Marhadi.

Menaker RI, Dr. Hj. Ida Fauziyah , M.Si., dalam pemaparannya menjelaskan data ketenagakerjaan Indonesia serta peluang-peluang yang bisa didapatkan oleh mereka yang masih berada di usia produktif. Karena hal tersebut dapat membantu penggapaian demografi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Menaker Ida juga menyebutkan persamaan kinerja yang dapat dihasilkan dari kelompok laki-laki maupun Perempuan, bahwa perkembangan SDM tidak lagi mempermasalahkan antara kedua gender tersebut, keduanya mampu bekerja sama dalam mengembangkan SDM.

Rinaldi Nur Ibrahim, Founder Youth Ranger Indonesia yang hanya merupakan anak yang berasal dari lingkungan kecil menjelaskan perjuangannya dalam ikut andil memperjuangkan perkembangan SDM melalui sosial media.

“Dengan sosial media saya banyak mendapatkan dan memberi manfaat pada orang lain, ini bukti bahwa sosial media juga bisa menjadi wadah untuk mengembangkan SDM kita, contohnya seperti menciptakan komunitas dengan tujuan dan orientasi yang jelas seperti yang sudah saya lakukan,” ujar Rinaldi.

Calon Presiden RI 2024-2029, H. Anies Baswedan, S.E., M.PP., Ph.D., dengan lugas mengatakan maksud dari Pembangunan Indonesia Emas 2045 yang fokus membicarakan manusia di dalamnya bukan bangunannya. “Mau seberapa maju bangsanya, jika tidak berpenghuni tetap saja akan kita sebut sebagai kota mati,” tegas Anies.

Topik Menarik