Kisah Ken Arok yang Ditemukan Perampok saat Bayi hingga Jadi Raja Singasari

Kisah Ken Arok yang Ditemukan Perampok saat Bayi hingga Jadi Raja Singasari

Nasional | okezone | Senin, 29 Januari 2024 - 06:19
share

JAKARTA -Kerajaan Singasari sejarahnya didirikan oleh Ken Arok . Sebelumnya ia berkuasa di Tumapel, setelah berhasil mengalahkan Tunggul Ametung, penguasa Tumapel semasa di di bawah kekuasaan Kerajaan Kediri era Raja Kertanagara.

Ken Arok nekat memberontak ke Kerajaan Kediri yang sebelumnya menjadi daerah yang menguasai Tumapel. Namun dibalik keberaniannya Ken Arok konon memiliki asal usul yang jelas.

Ken Arok saat bayi bahkan sempat dibuang oleh kedua orangtuanya hingga akhirnya ditemukan oleh perampok bernama Lembong. Lambat laut saat Ken Arok mulai tumbuh remaja ia berguru ke seorang pendeta agama Hindu bernama Lohgawe.

Saat berguru di Lohgawe inilah kecerdasan Ken Arok terlihat. Ia tampak lebih unggul dibandingkan murid-murid Lohgawe yang lebih lama nyantri padanya. Konon karena kecerdasannya inilah Lohgawe akhirnya memberikan nama Ken Arok, yang sebelumnya tak ada.

Dikutip dari buku "Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan" dari Muhammad Syamsuddin, nama Ken sendiri bukanlah nama aslinya, melainkan julukan atau gelar kehormatan, tapi bukan karena silsilah melainkan karena keluhuran budinya.

Gelar kehormatan ini diberikan kepada seseorang karena kemuliaan atau keluhuran budi pekertinya. Kemudian kata Arok sendiri merupakan pemberian nama dari seorang brahmana bernama Dang Hyang Lohgawe.

Dikisahkan pemberian nama ini diberikan setelah ia mampu dan berani mengutarakan pendapat, pengetahuan dan kritiknya terhadap kaum brahmana. Padahal Ken Arok sendiri datang dari golongan sudra atau kasta terendah dalam agama Hindu.

Ken Arok dikisahkan pernah memberikan pengetahuan dan kritiknya di hadapan gurunya di tengah para santri lain yang juga sama - sama berguru kepada Lohgawe. Kata Arok sendiri adalah nama yang berarti 'pembangun' , ketika ia diberi nama oleh mahagurunya ini menandakan bahwa Arok telah lulus sebagai brahmana.

Meski dalam waktu yang tergolong singkat, Arok berhasil lulus dengan capaian yang cukup tinggi. Ken Arok berhasil lulus mendahului para santri lainnya yang terlebih dahulu menimba ilmu ke Lohgawe.

Sejak dinyatakan lulus inilah, Lohgawe memperbolehkan Arok meninggalkan dirinya. Namun Lohgawe berpesan kepada Arok untuk tetap sementara tinggal bersamanya lantaran akan berbicara beberapa hal.

Lohgawe bermaksud hendak menggalang persekutuan dengan kaum brahmana, melalui persekutuan inilah kelak membuat Ken Arok mendapat legitimasi etis dari kaum brahmana untuk melakukan tindakan politiknya.

Topik Menarik