Singgung Pendidikan Usia Dini, Alam Ganjar: Penting untuk Proses Pembentukan Karakter

Singgung Pendidikan Usia Dini, Alam Ganjar: Penting untuk Proses Pembentukan Karakter

Nasional | okezone | Senin, 29 Januari 2024 - 03:44
share

JAKARTA - Alam Ganjar turut menyinggung pentingnya pendidikan anak usia dini saat menghadiri perhelatan Festival Pemilu, di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Minggu, (28/1/2024).

Alam menilai, pendidikan anak usia dini sangat penting sebagai langkah awal dalam pembentukan karakter anak. Apalagi, anak-anak usia dini cenderung mudah menyerap ilmu yang mereka dapatkan dari sekitarnya.

Alam Ganjar Beri Salam Hormat Tiga Jari saat Hadiri Festival Pemilu

Pendidikan anak usia dini adalah proses pembentukan karakter, di mana paling mudah dilakukan untuk bisa diterapkan di anak usia dini. Mudah dalam artian pemberia karakter di anak usia dini itu pasti akan terimplementasi hingga ke depannya, ujar Alam Ganjar, di depan para penonton yang mayoritas terdiri dari kaum milenial dan Gen Z itu.

Karena mendidik anak pada usia dini itu ibaratnya kita mengukir di atas batu, awalnya memang sulit tapi itu akan bertahan lama. Berbeda di saat kita dewasa, layaknya kita menulis di air di mana itu sangat mudah tetapi menjadi hilang, sambungnya.

Mendorong pendidikan anak usia dini untuk masuk dalam pendidikan formal juga menjadi salah satu program pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud demi memajukan sektor pendidikan di Indonesia.

Hadiri Kegiatan Alumni SMA Top Gun, Alam Ganjar Senang Bertemu Romo Magnis Suseno

Pendidikan anak usia dini ini juga kita dorong dalam sisdiknas itu adalah hak anak. Tetapi di situ juga ada dorongan untuk mewajibkannya. Karena di dalam sisdiknas saat ini cuma usia 7 sampai 15 dan kita mendorong dari usia 12 tahun, termasuk pendidikan usia dini, papar Alam.

Salah satunya yakni dengan memperbanyak tempat pendidikan anak usia dini. Karena pendidikan usia dini saat ini tergolong dalam pendidikan formal sesuai dengan sisdiknas. Itu ada TK, dan untuk yang nonformal itu ada TPA salah satunya, terangnya lagi.

Alam Ganjar juga menyebut, untuk memperbanyak akses pendidikan bagi anak-anak usia dini, diperlukan juga adanya peningkatan kualitas di berbagai sektor pendidikan, salah satunya kualitas tenaga pendidiknya.

Dan banyak akses untuk anak-anak ke dalam sektor pendidikan tersebut itu menjadi langkah awal dan juga peningkatan kualitas dari tenaga pendidiknya juga, pungkasnya.

Topik Menarik