Peristiwa Hari Ini: Tragedi Kecelakaan Maut di Tugu Tani

Peristiwa Hari Ini: Tragedi Kecelakaan Maut di Tugu Tani

Nasional | okezone | Senin, 22 Januari 2024 - 05:00
share

JAKARTA - Pada 22 Januari menjadi momen diperingatinya Hari Pejalan Kaki Nasional di Indonesia. Peringatan ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap sembilan pejalan kaki yang tewas akibat tertabrak sebuah mobil di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, pada 22 Januari 2012.

Selain kejadian tragis tersebut, berbagai peristiwa besar dan bersejarah lain juga pernah terjadi pada tanggal ini seperti pesawat Boeing 747 yang melakukan penerbangan perdananya.

Okezone rangkum beberapa peristiwa besar dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Januari. Berikut ulasannya:

1. Pesawat Boeing 747 melakukan penerbangan komersial pertama

Pesawat "jumbo jet" model Boeing 747 untuk pertama kalinya melakukan penerbangan secara komersial pada 22 Januari 1970. Saat itu pesawat tersebut mengangkut 323 penumpang dan 18 kru dari John F Kennedy Internation Airport, New York, Amerika Serikat, menuju London Heathrow Airport, London, Inggris.

Meski para penumpang menikmati penerbangan tersebut, beberapa pengamat justru menyebut ukuran pesawat terlalu besar untuk dijadikan sebagai angkutan komersial.

2. Pesawat Boeing 707 meledak di Nigeria

Tepat pada 22 Januari 1973, pesawat model Boeing 707 yang membawa ratusan penumpang ke Bandara Kano, Nigeria, mengalami ledakan dan terbakar saat akan mendarat. Alhasil, peristiwa tersebut menimbulkan korban jiwa sebanyak 176 orang.

3. Kelahiran pembalap Rio Haryanto

Rio Haryanto lahir di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 22 Januari 1993. Ia dikenal sebagai seorang pembalap Tanah Air yang pernah tampil di ajang Formula One (F1) bersama Manor Racing Team pada musim 2016.

Rio dinobatkan sebagai pembalap pertama Indonesia yang tampil di F1. Selain itu, ia juga disebut sebagai salah satu pembalap muda yang berpotensi menjadi wakil Asia di ajang F1 pada masa depan.

Topik Menarik