Cekcok NasDem vs Demokrat Bikin Anies Terancam Gagal Nyapres

Cekcok NasDem vs Demokrat Bikin Anies Terancam Gagal Nyapres

Nasional | BuddyKu | Minggu, 11 Juni 2023 - 03:21
share

SERANG Kekompakan internal Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) kini makin merenggang akibat perang dingin antara Partai NasDem vs Partai Demokrat terkait cawapres Anies Baswedan.

Anies selaku Capres KPP tersebut kini menjalani jalan yang terjal untuk bisa menyambut Pilpres 2024 sebab koalisinya malah berseteru secara internal.

NasDem tuding Demokrat ngotot minta AHY jadi Cawapres Anies

Sebelumnya, sosok Bendahara Umum DPP Partai NasDem Ahmad Sahroni sempat menuding bahwa Partai Demokrat ngotot agar ketua umum mereka yakni Agus Harimurti Yudhoyono harus mendampingiAnies Baswedanbertandang di Pilpres 2024.

Iya, mereka (Demokrat) maksa, pokoknya untuk AHY mendampingi Anies, beber Ahmad Syahroni saat ditemui wartawan di Kompleks Gedung DPR, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief sontak membantah tudingan keras Ahmad Syahroni itu.

Andi pada Jumat (9/6/2023) menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memaksakan AHY sebagai cawapres Anies Baswedan. Andi juga menantang semua yang membuat tudingan tersebut untuk bertanya langsung ke Anies, Ketua Umum Partai Nasdem dan Ketua Umum PKS.

Andi mengingatkan bahwa Partai Demokrat setuju untuk menyerahkan keputusan cawapres kepada capres sesuai dengan Piagam Koalisi.

Perang Mat Ali vs Andi Arief soal ultimatum ke Anies Baswedan

Tak hanya soal AHY, kekisruhan internal KPP juga terjadi kala Andi Arief mulai memberi ultimatum kepada Anies jika tak kunjung mengumumkan cawapresnya.

Jika Anies tak kunjung membeberkan nama cawapresnya, maka Demokrat mengancam untuk mengevaluasi dukungannya terhadap sosok eks Gubernur DKI itu.

Kalau Juni (Anies Baswedan) belum deklarasi pasangan (cawapres), kemungkinan Demokrat akan mengevaluasi (dukungan untuk Anies), ujar Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief pada Rabu (7/6/2023).

Ultimatum yang dilontarkan Andi berdasarkan pengamatannya bahwa elektabilitas Anies terjun bebas bila tak kunjung mengumumkan nama cawapres.

Ada kecenderungan (elektabilitas) menurun dari survei Indikator karena mungkin, dugaan kami, adalah lambannya proses deklarasi (cawapres belum dilakukan), kata Andi.

Mengkritik ultimatum Andi, elite Partai NasDem Ahmad Ali mengingatkan kepada Andi Arief memegang teguh piagam koalisi dan bersabar menunggu Anies siap mengumumkan nama cawapresnya.

Pak Andi harusnya memegang teguh apa yang ditandatangani, yang disepakati oleh Ketumnya di piagam koalisi, kata Ahmad Ali, Jumat (9/6/2023).

Sontak, Andi dalam kesempatan terpisah melalui akun Twitternya melontarkan pertanyaan balik ke Ahmad Ali ketika AHY yang didapuk menjadi cawapres Anies, apakah partainya akan angkat kaki dari mendukung sang capres KPP.

Mat Ali, jika Anies memilih AHY apakah Nasdem akan cabut dari koalisi?cuit Andi via akun Twitter, Jumat (9/6/2023).

(Red/suara.com)

Topik Menarik