Innalillahi, Mahasiswa ITB Meninggal Dunia saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Innalillahi, Mahasiswa ITB Meninggal Dunia saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

Nasional | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 08:55
share

BANDUNG, iNews.id - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) meninggal dunia. Korban merupakan mahasiswa teknik mesin angkatan 2021 Muhammad Rasyid Ghifary.

Almarhum meninggal dunia saat melakukan uji coba pesawat tanpa awak di kawasan Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Selasa (6/6/2023) sekitar pukul 17.00 WIB.

Almarhum meninggal setelah terkena pasak yang digunakan sebagai pancang untuk menarik pesawat ke angkasa. Pasak tersebut terlepas, dan mengenai bagian bawah pipi, yang menyebabkan almarhum tidak bisa bernapas.

Betul saat itu mahasiswa kami tersebut sedang melakukan uji coba menerbangkan pesawat tanpa awak yang ditarik menggunakan pegas dan di kontrol setelah di udara. Saat itu pasak yang digunakan sebagai pancang lepas dari tanah dan mengenai almarhum, kata Ketua Program Studi Teknik Mesin ITB Pandji Prawisudha, Rabu (7/6/2023).

Menurut dia, almarhum bersama tim mahasiswa dari jurusan lain dari ITB yang tergabung dalam UKM Aksantara sedang menjajal pesawat tanpa awak tersebut untuk kepentingan lomba kontes robot terbang.

Ini cukup mengejutkan kami, mengingat untuk model pesawat ini tergolong paling rendah risiko. Bobot pesawat hanya 8 kg, namun karena kondisi tanah agak gembur akibat hujan, sehingga pasak terlepas dan mengenai mahasiswa kami, katanya.

Atas kejadian ini, pihaknya akan melakukan pengawasan lebih ketat atas segala kegiatan mahasiswa dan membuat SOP. Sehingga diharapkan bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Saat ini, almarhum telah diserahkan kepada pihak keluarga dan telah dimakamkan di Jakarta.

Topik Menarik