Modus Tukar Uang, Pasangan Bule WNA Hipnosis Penjaga Pet Shop di Duren Sawit

Modus Tukar Uang, Pasangan Bule WNA Hipnosis Penjaga Pet Shop di Duren Sawit

Nasional | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 03:33
share

JAKARTA Sepasang Suami-istri Warga Negara Asing (WNA) melakukan hipnosis dengan modus tukar uang di sebuah pet shop, Jalan Raya Wijaya Kusuma, Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Aksi pasangan bule itu digagalkan karyawan toko karena tersadar sehingga pelaku melarikan diri.

Karyawan pet shop tersebut, Didan (24) menjelaskan kedua pasangan WNA berkulit putih itu masuk ke kios dan berbicara dengannya menggunakan bahasa Inggris pada 4 Juni 2023 sekitar pukul 18.30 WIB.

"Jadi ada pasangan suami-istri WNA kesini, awalnya dia mau nanya-nanya harga dan mau beli sepertinya tetapi kita kurang paham karena berbahasa inggris. Kemudian salah satu dari dua orang itu mengeluarkan uang pecahan Rp100 ribu, nah ternyata dia mau tukar uang," jelas Didan kepada awak media, Selasa (6/6/2023).

Didan mengatakan, saat hendak ditukar uangnya, dua pelaku tersebut sempat protes dengan alasan ditukar dengan uang pecahan kecil yang rusak. Namun korban, yang merupakan rekan Didan, sempat mengalami hal serupa.

"Teman saya kebetulan sudah tahu modus serupa, pura-pura protes karena ditukar uang rusak nanti dihipnosis malah kasih uang lebih. Sebelumnya teman saya sudah pernah kena (hipnotis), waktu itu bule-nya orang tua," jelas Didan.

Didan mengatakan kejadian hipnotis sebelumnya ketika temannya seorang diri menjaga toko pet shop tersebut, dihampiri dua orang WNA lansia. Ia mengatakan hipnosis sebelumnya melalui modus tukar uang yang sama, pet shop tempatnya bekerja tertipu Rp1,8 juta.

"Beruntungnya pas kejadian kedua, ada saya di toko tapi lagi di kamar mandi. Teman saya langsung manggil saya pas pasangan suami istri itu protes, pas saya keluar, dua orang bule itu langsung kabur," katanya.

Didan mengatakan, dua pelaku tersebut melarikan diri dengan menaiki mobil Honda Brio ke arah Kanal Banjir Timur. Saat beraksi hendak menghipnosis tersebut, Didan menyampaikan mobil terduga pelaku diparkirkan cukup jauh dari pet shop.

Sekadar informasi, aksi hipnotis oleh WNA ini cukup marak terjadi di Jakarta Timur. Sebelumnya, sepasang pasutri WNA melancarkan aksi hipnosis kepada agen telur di Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur pada Senin malam, 15 Mei 2023. Aksi mereka yang terekam kamera pengawas toko itu berhasil mengelabui agen telur hingga uang senilai jutaan rupiah raib digasak.

Anak korban, Boyke Panjaitan (24) mengungkapkan suami-istri WNA itu awalnya bermodus hendak membeli mie instant dan sekaligus menukar pecahan uang.

Dalam rekaman kamera pengawas yang ada di toko agen telur tersebut, tampak suami WNA itu mengenakan topi dengan baju gamis panjang berwarna putih. Sedangkan istri dari pelaku datang dengan baju terusan panjang berwarna hitam sembari mengenakan hijab dan masker di wajahnya.

(muh)

Topik Menarik