Sering Dituding Bikin Survei Sesuai Pesanan, Jawaban Saiful Mujani Auto Bikin Pendukung Anies Mingkem, Rocky Gerung Juga Kena Dilibas Tuh!

Sering Dituding Bikin Survei Sesuai Pesanan, Jawaban Saiful Mujani Auto Bikin Pendukung Anies Mingkem, Rocky Gerung Juga Kena Dilibas Tuh!

Nasional | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 12:33
share

Pendiri lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saiful Mujani angkat bicara setelah dituding kerap membuat survei Pilpres 2024 sesuai pesanan pemerintah.

Tudingan itu datang dari sejumlah pendukung bakal calon presiden usungan Koalisi Perubahan Anies Baswedan setelah elektabilitas eks Gubernur DKI Jakarta itu di bursa Capres kali kian melorot setiap saat.

Tidak hanya dari pendukung Anies Baswedan tudingan yang sama juga datang dari kritikus dan pengamat politik Rocky Gerung. Bahkan Rocky sempat terang-terangan mengatakan lembaga LSI didirikan dengan biaya yang digelontorkan Bank Dunia.

Rocky???? saya yang bikin lembaga survei Indonesia. Tidak dibiayai world bank, tapi jica, kaya Saiful dari laman twitternya dilansir Populis.id Selasa (6/6/2023).

Ia menjelaskan, saat itu pendanaan dari JICA diawal bisa membuat LSI mandiri. Setelah berbagai pihak teryakinkan ada manfaatnya.

Itu kemudian soal produk dan pasar, jelasnya.

Saiful mengatakan apabila survei yang ia bikin berdasarkan pesanan pemerintah dengan hasil penelitian yang penuh tipu daya sebagaimana yang disampaikan Rocky Gerung, maka lembaganya jelas sudah kehilangan peminat. Tapi buktinya hingga saat ini LSI kata dia tetap punya pasar sendiri.

Baca Juga: PKS Blak-blakan! Cawapres Anies Sudah Mengerucut ke Satu Nama, Tapi...

Baca Juga: Semakin Sesat! Ponpes Al Zaytun Pimpinan Panji Gumilang Izinkan Santrinya Berzinah, Dosanya Dihapus Kalau Bayar Rp2 Juta, Astaga

Produk buruk gak ada pasarnya. Bukan tipu-tipu. Gak mungkin produk serius gakada biayanya. Pasti ada. Tapi sumber biayai tidak boleh dikte proses dan hasil. Sama seperti profesi modern lainnya. Tipu-tipu ga ada pasarnya kecuali bagi orang dungu, istilahmu. Survei opini publik adalah capaian besar dalam studi politik modern, tandas Saiful.

Topik Menarik