Banjir Tewaskan 42 Orang dan Ribuan Lainnya Kehilangan Tempat Tinggal

Banjir Tewaskan 42 Orang dan Ribuan Lainnya Kehilangan Tempat Tinggal

Nasional | BuddyKu | Selasa, 6 Juni 2023 - 05:43
share

PORT AU PRINCE, iNews.id - Banjir yang melanda Haiti menyebabkan setidaknya 42 orang tewas dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal. Banjir selama akhir pekan itu dipicu hujan lebat.

Badan perlindungan sipil melalui akun Twitternya pada Senin (5/6/2023) menambahkan, puluhan orang luka dan masih ada yang dinyatakan hilang. Selain itu, lebih dari 13.600 rumah juga tercatat terendam banjir.

Korban tewas telah meningkat sejak Minggu (4/6/2023) malam setelah banjir selama akhir pekan melanda berbagai bagian negara, termasuk di dekat ibu kota Port-au-Prince, tulis mereka.

Perdana Menteri Haiti, Ariel Hery dalam pernyataan pemerintah pada hari Minggu mengatakan, pihaknya bersama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasional, mengadopsi langkah-langkah mendesak untuk memenuhi kebutuhan mendesak akibat banjir.

Badan-badan bantuan telah mengirimkan makanan kepada para pengungsi. Selama akhir pekan, pejabat perlindungan sipil memperingatkan bahwa sektor pertanian di beberapa bagian negara itu telah rusak parah.

Banjir mematikan datang saat Haiti menghadapi skenario yang sudah sulit di tengah kekerasan geng yang merajalela. Menurut kepala perlindungan sipil kepada Miami Herald, kondisi itu telah menghambat upaya penyelamatan.

Hujan bertepatan dengan dimulainya musim badai Atlantik, yang berlangsung dari Juni hingga November.

Topik Menarik