Ribuan Nakes Demo Depan DPR, Minta RUU Kesehatan Dicabut

Ribuan Nakes Demo Depan DPR, Minta RUU Kesehatan Dicabut

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 13:43
share

AKURAT.CO Ribuan tenaga medis dan kesehatan atau nakes kembali melakukan aksi unjuk rasa atau demo di depan gedung DPR RI/MPR, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Ribuan nakes tersebut tergabung dalam organisasi, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Mereka menyampaikan tuntutan aksi meminta DPR dan pemerintah untuk menghentikan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan.

"Dalam draf RUU ini masih tampak tidak sungguh-sungguh untuk mereformasi sistem kesehatan khususnya sumber daya kesehatan yang hingga kini masih diskriminatif dalam pengaturanya, kita minta untuk dibatalkan," kata Ketua Umum PPNI, Harif Fadhilah di depan gedung DPR.

Harifin melihat akan ada potensi mengurangi peran masyarakat madani dalam khasanah kesehatan di Indonesia, yaitu organisasi profesi jika RUU Kesehatan disahkan menjadi UU.

"Apalagi organisasi Profesi adalah wadah masyarakat ilmiah bagi yang seprofesi dan sebagai wahana menyalurkan aspirasi anggota kepada pemangku kepentingan agar terjadi peningkatan profesionalisme dan kondisi kerja yang baik bagi sebuah profesi, bukan malah mengurangi peran kita," ujarnya.

Harif menegaskan menolak RUU Kesehatan karena substansi mendegradasi profesi perawat di Indonesia. Dia meminta pemerintah untuk melihat fenomena tersebut.

"Karena itu, dengan tegas kami menolak subtansi RUU Kesehatan ini yang secara nyata-nyata telah mendegradasi profesi perawat Indonesia," tuturnya.

Topik Menarik