Pemerintah Diminta Tutup Pintu Masuk Narkoba Zombie Flakka, DPR: Ancaman Serius

Pemerintah Diminta Tutup Pintu Masuk Narkoba Zombie Flakka, DPR: Ancaman Serius

Nasional | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 08:46
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mendorong pemerintah bersama instansi terkait melakukan tindakan ekstrem mencegah masuknya narkoba jenis baru bernama Flakka di Indonesia. Menurutnya, tindakan preventif harus dilakukan demi melindungi generasi penerus bangsa dari jerat penyalahgunaan narkotika.

Penggunaan narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi muda kita. Masa depan bangsa Indonesia berada di tangan anak-anak kita. Semua pihak bertanggung jawab untuk melindungi generasi penerus bangsa dari narkoba, kata Muhaimin Iskandar, Sabtu (3/6/2023).

Muhaimin meminta Polri bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lain demi memastikan Indonesia aman dari peredaran obat penenang hewan yang digunakan untuk meningkatkan efek dari narkoba jenis lainnya tersebut.

Harus ada kerja sama lintas instansi sehingga Indonesia bisa menutup rapat masuknya narkoba yang sangat membahayakan ini. DPR juga akan turut mengawal untuk memastikan pencegahan peredaran narkoba dapat berjalan optimal, tuturnya.

Lebih lanjut, Muhaimin meminta Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, pihak Imigrasi, Bea Cukai, seluruh pemerintah daerah, dan stakeholder terkait lainnya untuk menyelaraskan program sehingga narkoba zombie tidak masuk ke Indonesia.

Sinergi semua pihak sangat diperlukan untuk memastikan narkoba jenis ini tidak beredar di negara kita. Mulai dari tindakan preventif hingga tindak tegas pelaku peredaran narkoba, kata Muhaimin.

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini juga menyoroti jalur masuknya narkoba ke Indonesia. Muhaimin mengatakan, pihak berwenang harus melakukan pengawasan ketat di setiap pintu masuk yang berada di wilayah Indonesia, termasuk dari jalur laut.

Sebagai negara maritim, Indonesia punya banyak jalur masuk. Saya tegaskan, tutup akses jalur-jalur tikus sehingga kita tidak kecolongan. Tentunya ini memerlukan kerja bersama, tuturnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, dunia tengah dihebohkan dengan wabah narkoba zombie di Amerika Serikat (AS). Kondisi Kota Philadelphia di negara bagian Pennysylvania, AS dilaporkan cukup mengkhawatirkan akibat maraknya pengguna narkoba Flakka yang berasal dari obat tranq atau dikenal dengan zylazine.

Para pecandu narkoba tampak berkeliaran di salah satu kawasan di Philadelphia yang dikenal sebagai pasar bebas narkotika. Banyak di antara mereka mencampur obat ini dengan heroin, fentanil, dan ekstasi yang berujung efek serius sehingga pemerintah AS telah menetapkan kombinasi narkoba tersebut sebagai ancaman baru karena kasus overdosis dan kematian di penjuru AS terus mengalami peningkatan.

Dari video yang viral di media sosial, pecandu narkoba Flakka di Philadelphia tampak berkumpul dalam kondisi yang mengenaskan di pinggir jalan. Mereka terlihat seperti zombie karena banyak yang melamun, berjalan tanpa arah dengan tatapan kosong, bahkan sampai ada yang pingsan.

Topik Menarik