Mendagri Tunjuk Tiga Eks Kapolda Jadi Pejabat Utama di Lembaga Luar Polri

Mendagri Tunjuk Tiga Eks Kapolda Jadi Pejabat Utama di Lembaga Luar Polri

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 17:06
share

FAJAR.CO.ID, JAKARTA Penjabat Gubernur Jabar akan ditunjuk oleh Presiden melalui rekomendasi dari Mendagri.

Gubernur Ridwan Kamil beserta Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan pensiun September 2023 mendatang.

Pengamat politik dan pemerintahan Unpad, Firman Manan memiliki informasi jika ada tiga orang eks Kapolda yang saat ini masih dikaji Mendagri untuk mengisi jabatan PJ (Penjabat) Gubernur Jabar.

Informasi yang saya terima ada tiga mantan Kapolda yang kini sedang dibahas Mendagri. Ketiga sosok itu adalah perwira tinggi Polri yang saat ini mengisi jabatan diluar struktur Polri, jelas Firman Manan, Sabtu 3 Juni 2023.

Firman menjelaskan, ketiga pati Polri tersebut yakni, Komjen Pol Suntana (wakil badan siber sandi negara), Komjen Pol Rudi Sufahriadi (Sestama Lemhanas), Komjen Pol Nana Sudjana ( Setjen DPR RI).

Ketiga pati Polri yang kini bertugas diluar struktur Polri tersebut, merupakan mantan Kapolda. Yang dua yakni pa Suntana dan pa Rudi pernah Kapolda Jabar, pa Nana pernah di Metro Jaya, jelas Firman.

Firman menilai wajar, jika Mendagri memilih sosok pati Polri untuk menjadi PJ Gubernur Jabar.

Saya kira wajar, pertimbangan kenapa PJ Gubernur Jabar harus dari Polri, karena berkaitan dengan kondusifitas pemilu 2024 nanti, jelasnya.

Jika Mendagri merekomendasikan ke Presiden PJ Gubernur dari Polri, maka keseimbangan dalam kondusifitas bisa terjadi, karena Polri punya pengalaman menjaga Kamtibmas.

Pengalaman menjaga kamtibmas seperti apa, yang dipadukan dengan memanajemen masalah pemerintahan bisa dilaksanakan pati Polri, karena sudah punya basick dalam hal tersebut, pungkas Firman.(pojoksatu)

Topik Menarik