Janda Muda Naik Drastis Setelah Lebaran, Disebabkan Acara Reuni

Janda Muda Naik Drastis Setelah Lebaran, Disebabkan Acara Reuni

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 12:14
share

FAJAR.CO.ID, PADANG Ironis! Janda-janda baru terus bermunculan di Kota Padang, Sumatera Barat. Pengadilan Negeri Agama Kota Padang mencatat terjadinya lonjakan angka perceraian setelah lebaran Idul Fitri 2023.

Sebelum lebaran, angka perceraian hanya di angka 60 pasangan dalam sehari tetapi pascalebaran meningkat drastis hingga 100 pasangan per hari yang mengurus perceraian.

Pasca lebaran 2023, Pengadilan Agama menangani angka perceraian hingga mencapai 100 pasangan per hari. Hal ini berbeda sebelumnya, sebelum lebaran 2023 Pengadilan Agama mengurusi hanya 60 kasus perceraian saja setiap hari, jelas Ketua Pengadilan Agama Kota Padang, Nursal, kepada wartawan, Selasa (31/5/2023).

Penyebab gugatan perceraian beragam. Salah satu yang memicu adalah maraknya acara reuni pada momen halal bi halal setelah lebaran.

Pengadilan Agama Padang

Menurut Nursal, dari pengakuan penggugat cerai, dalam acara reuni tersebut cinta lama bersemi kembali.

Menghadiri acara reuni salah satu indikator terjadinya perceraian yang ditangani oleh Pengadilan Agama Kota Padang

Perceraian terjadi juga ada akibat reunian saat lebaran sehinga berkomunikasi sampai saat ini. Sehingga membuat pasangan kurang keharmonisan, bebernya.

Seiring dengan peningkatan perceraian, jumlah janda dn duda pun bertambah drastis.

Nursal menambahkan, selain reuni, perkara perceraian juga disebabkan masalah ekonomi, cekcok, perselingkuhan, hingga Kekerasan dalam Rumah Tangga alias KDRT.

Karena banyaknya pasangan tidak sabar dan faktor ekonomi. Sehingga mereka tidak tahan dengan kondisi tersebut sampai mengajukan percerain, ungkapnya.

Bahkan kebanyakan yang melakukan perceraian adalah pasangan yang masih di usia muda, yaitu kisaran umur 22 hingga 30 tahun.

Rata rata kasus perceraian tejadi di kota Padang. Pasangan yang baru menikah 5 tahun dengan umur 22 sampai 30 tahun, tegasnya. (fajar)

Topik Menarik