Warga Panggang Gunungkidul Mulai Jual Ternak untuk Beli Air Bersih

Warga Panggang Gunungkidul Mulai Jual Ternak untuk Beli Air Bersih

Nasional | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 20:52
share

GUNUGKIDUL,iNews.id -Warga Kalurahan Girisuko Kapanewon Panggang Gunungkidul mulai menjual ternaknya untuk membeli air bersih guna memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Sejak dua bulan terakhir warga Girisuko memang terpaksa membeli air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Warga Dusun Temuireng Girisuko, Budiharjo menuturkan ia terpaksa menjual kambing karena kebutuhan air bersihnya cukup banyak. Dalam 5 hari, dia terpaksa menghabiskan air sebanyak 1 tangki ukuran 5000 liter untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari

Yang paling banyak itu untuk minum ternak saya,ujar dia.

Budiharjo menambahkan ia harus membeli air dengan harga Rp150.000 setiap tankinya. Tentu harga tersebut cukup mahal karena habis hanya dalam waktu 5 hari. Sehingga perhari dia harus mengeluarkan uang Rp30.000 untuk memenuhi kebutuhannya.

Membeli adalah satu-satunya jalan singkat agar segera mendapatkan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga dan juga minum ternaknya. Karena ketika menunggu bantuan dari pemerintah maka harus menunggu waktu cukup lama.

Kan prosesnya harus buat surat permohonan dulu. Kemudian baru diajukan lewat kelurahan terus ke Kapanewon dan Pemkab. Perlu waktu to,ucapnya.

Menjual hewan ternak untuk membeli air memang sudah menjadi tradisi mereka setiap tahun. Sehingga mereka selalu mempersiapkan beberapa ternaknya untuk membeli air bersih selama kemarau.

Menurutnya, wilayahnya sama sekali belum tersentuh jaringan air bersih dari PDAM. Sehingga ketika musim kemarau harus mengandalkan pasokan air bersih dari luar baik melalui droping dari pemerintah ataupun membeli pihak swasta.

Ya memang harus mengandalkan dari luar. Di sini sumber mata air menghilang,katanya.

Yanto, salah seorang penjual air bersih di Kalurahan Girisuko mengakui dalam sehari dia mengirim setidaknya 7-10 Tanki air ke warga yang membutuhkan jasanya. Warga mulai membeli air bersihnya sejak dua bulan yang lalu kala hujan sudah tidak turun selama 10 hari lebih.

Sini kalau hujan tidak turun lebih dari 10 hari maka sudah pasti harus beli air,kata dia.

Saat ini dia melayani 3 dusun di Girisuko yang memang sudah menjadi langganannya setiap tahun. Tiga dusun ini memang selalu membeli air bersih ketika kemarau karena tidak ada pasokan dari pihak lain.

Topik Menarik