Adi Satryo Gagalkan Penalti Kamboja, Indonesia Masih Unggul 2-1 di Akhir Babak Kedua

Adi Satryo Gagalkan Penalti Kamboja, Indonesia Masih Unggul 2-1 di Akhir Babak Kedua

Nasional | BuddyKu | Rabu, 10 Mei 2023 - 20:45
share

PHNOM PENH, iNews.id - Timnas Indonesia U-22 masih unggul 2-1 usai Kamboja mendapatkan penalti pada akhir babak kedua dalam laga terakhir Grup A SEA Games 2023. Duel itu berlangsung di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja pada Rabu (10/5/2023).

Babak Pertama

Didukung ribuan suporternya, Kamboja mencoba tampil menggebrak dengan umpan panjang. Namun, pertahanan Indonesia yang rapat berhasil meredam serangan mereka.

Setelahnya, Indonesia yang lebih sering menguasai bola. Percobaan pun dilakukan Jean Kelly Sroyer yang menyisir sisi kanan. Pemain Persik Kediri itu melepaskan sepakan jarak jauh yang tidak menemui sasaran.

Setelahnya, Jean Kelly membuat peluang emas pada menit 5\'. Mendapat umpan dari Witan Sulaeman, Jean Kelly melepaskan tembakan yang melenceng tipis ke sisi kiri gawang Kamboja.

Kamboja gantian menumbuhkan peluang semenit kemudian. Leewat skema perekik, Lim Pisoth menerima umpan terobosan dan melesatkan sepakan yang hampir membahayakan gawang Adi Satryo.

Indonesia akhirnya mencetak gol pada menit 9\'. Titan Agung mencetak gol usai memanfaatkan bola rebound dari tepisan kiper Kamboja, Reth Lyheng.

Jean Kelly sekali lagi mengancam gawang Kamboja pada menit 16\'. Memanfaatkan bola liar di kotak penalti lawan, pemain bernomor punggung 11 itu menyambar bola dengan sepakan akurat. Beruntung bagi Kamboja, Reth Lyheng bisa menepis bola.

Kamboja melancarkan serangan balik lewat jagoannya, Sieng Chanthea memasuki menit 20\'. Namun, aksi dia bisa dihalau pemain belakang Indonesia.

Titan Agung kembali memperlihatkan kecemerlangannya pada menit 21\'. Dia melepaskan sepakan jarak dekat akurat yang sayangnya bisa diamankan Reth Lyheng.

Beberapa saat kemudian, Taufany Muslihuddin bermain cakap dalam bertahan. Dia sukses merebut bola dari pemain Kamboja usai Beckham Putra salah mengoper.

Indonesia melakukan serangan cepat usai water break. Witan Sulaeman beraksi lewat gerakan cutting inside yang diakhiri lesatan mendatar. Sayangnya, bola mengarah ke samping kanan gawang Kamboja.

Titan Agung lagi-lagi membuat fans Kamboja deg-degan. Pada menit 38\', striker bernomor punggung 18 itu melepaskan sepakan voli terarah yang ditepis kiper Reth Lyheng.

Beckham yang berperan sebagai deep-lying playmaker beraksi pada menit 43\'. Lesatan jarak jauhnya mengarah ke sisi kanan gawang Kamboja. Angkor Warriors beruntung, Reth Lyheng bisa menjinakkan sepakan deras wonderkid Persib Bandung itu.

Kamboja mencoba menyerang memasuki injury time babak pertama. Lim Pisoth melepaskan tembakan jarak jauh tapi bisa diblok pemain Indonesia.

Kamboja akhirnya mencetak gol penyama kedudukan pada menit 45+2. Berawal dari sepakan penjuru, Sin Sovannmakara mencetak gol lewat sundulan. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Kamboja langsung gencar menyerang. Lim Pisoth melepaskan sepakan jarak dekat yang untungnya melayang di atas gawang Adi Satryo.

Indonesia gantian menyerang pada menit 50\'. Pemain pengganti Bagas Kaffa melepaskan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Sayangnya, bola melesat ke atas mistar gawang.

Indonesia akhirnya mencetak gol kedua pada menit 51\'. Beckham Putra melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang mengecoh kiper Reth Lyheng. Indonesia 2-1 Kamboja.

Indonesia hampir saja kebobolan pada menit 67\'. Berawal dari tusukan Lim Pisoth, bola umpan datar dilesatkannya ke sisi kiri gawang Adi Satryo. Fans Kamboja sayangnya harus gigit jari karena Leng Nora membuang peluang emas. Bola lesatannya melayang jauh dari gawang Indonesia.

Kamboja mendapat hadiah penalti pada menit 81\'. Lim Pisoth menjadi eksekutor yang untungnya bisa diselamatkan oleh Adi Satryo.

Bola sempat terlepas, tapi Adi Satryo bisa melakukan double saves. Sayangnya dia harus terkapar usai badannya diterjang pemain Kamboja yang berusaha menyambar bola muntahan. Kondisi itu membuat dirinya diganti dengan Ernando Ary.

Susunan Pemain Indonesia vs Kamboja

Indonesia XI (4-3-3): Adi Satryo; Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Haykal Alhafiz; Jean Kelly, Beckham Putra, Taufany Muslihuddin; Witan Sulaeman, Titan Agung, Irfan Jauhari

Pelatih: Indra Sjafri

Kamboja XI (4-3-3): Reth Lyheng; Taing Bunchhai, Soeut Nava, Ny Sokry, Chan Sarapich; Chu Sinti, Nhean Sosidan, Sin Sovannmakara; Koeut Pich, Sieng Chanthea, Lim Pisoth

Pelatih: Ryu Hirose

Topik Menarik