DPW RPA Perindo Sulut Ungkap Alat MMPI di RS Ratumbuysang Rusak

DPW RPA Perindo Sulut Ungkap Alat MMPI di RS Ratumbuysang Rusak

Nasional | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 19:13
share

MANADO Rusaknya alat tes psikologi Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) di RS Ratumbuysang jadi kendala atas lambatnya penanganan kasus pelecehan dan kekerasan terhadap GH (21). Proses hukum kasus ini dikawal oleh DPW Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Perindo Sulawesi Utara (Sulut).

Ketua DPW RPA Perindo Sulut, Anneke S Lesar mengatakan yang menjadi sorotan utama, khususnya kepada pemerintah bahwa fasilitas untuk mengetahui trauma terhadap korban tidak tersedia.

"Di sinikan ada untuk proses yang akan ditindaklanjuti adalah VER Psikiatrikum, di mana ini hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit Ratumbuysang. Sedangkan kami baru saja bicara dengan suster di sana bahwa alat MMPI-nya rusak dan belum tahu kapan diperbaiki," tutur Anneke, Senin (8/5/2023).

Akibat rusaknya alat tersebut membuat tahap penyidikan agak tertunda karena memang harus dilakukan testing terhadap keadaan psikis korban.

"Kami juga akan mendorong pihak rumah sakit Ratumbuysang terhadap kasus ini karena memang dibutuhkan alat tersebut, tidak ada hal lain di luar MMPI ini," ujarnya.

Alat tersebut kata dia untuk mengetahui keadaan trauma korban, bukan untuk mengetahui bohong atau tidaknya. Setelah mengetahui keadaan psikis korban baru kasus tersebut bisa dilanjutkan.

"Jadi kami mendorong sebenarnya Polda, tapi dalam hal ini Polda juga tidak bisa berbuat ap-apa karena memang di Sulut ini alatnya hanya satu yaitu di Ratumbuysang," katanya.

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sulut Kombes Pol Gani Fernando Siahaan sendiri mengatakan sudah bersurat ke pihak Rumah Sakit Ratumbuysang tapi belum ada jawaban sampai sekarang.

"Karena butuh waktu untuk melakukan penelitian terhadap kelainan psikologis daripada orang yang diperiksa," ujarnya.

(shf)

Topik Menarik