WHO: Covid-19 Tak Akan Pernah Bisa Dimusnahkan

WHO: Covid-19 Tak Akan Pernah Bisa Dimusnahkan

Nasional | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 11:47
share

JENEWA, iNews.id - Direktur Kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan menegaskan Covid-19 tak akan pernah bisa dihilangkan atau diberantas. Oleh karena itu, manusia dipaksa hidup berdampingan dengannya.

Pernyataan Ryan itu disampaikan Sabtu (6/5/2023) atau sehari setelah Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mencabut status Covid-19 sebagai \'darurat kesehatan global\'. Status itu diturunkan menjadi \'ancaman kesehatan global\'.

Menurut Ryan, virus corona yang menjadi penyebab Covid-19 tak dapat dihapus karena terus berpindah dari manusia ke hewan dan sebaliknya. Oleh karena itu, dia menegaskan otoritas kesehatan masyarakat masih harus mewaspadai penyakit ini.

Apa yang kita saksikan di sini adalah virus yang berevolusi dengan cepat. Dia bisa berpindah dari manusia ke hewan dan dari hewan ke manusia, sehingga bisa bersembunyi di ruang yang berbeda, tidak hanya pada manusia. Sangat sulit untuk memikirkan tentang pemberantasan atau eliminasi, kata Ryan, seperti dilaporkan RT.

Dia memprediksi kasus infeksi masih akan meningkat setiap musim dingin di belahan bumi utara, layaknya flu dan penyakit musiman lainnya. Ryan juga tidak mengesampingkan kemungkinan varian baru Covid-19 muncul selama musim panas sehingga memicu penularan lebih luas.

Vaksin dan obat-obatan terapi, lanjut dia, bisa menghilangkan ancaman kesehatan masyarakat terkait virus, namun memusnahkan virus corona sangat tidak mungkin atau kecil sekali kemungkinannya.

Pernyataan Ryan itu konsisten dengan apa yang disampaikannya di masa awal WHO mengumumkan status darurat kesehatan global Covid-19

Dalam situasi saat ini, kecil kemungkinan kita bisa memberantas virus ini, kata Ryan, pada Mei 2020.

Data WHO mengungkap, kasus Covid-19 secara global mencapai lebih dari 765 juta penderita dan hampir 7 juta orang meninggal. Hingga akhir April, total 13 miliar dosis vaksin telah diberikan.

Topik Menarik