Pemerintah Desa Krampilan Adakan Forum Konsultasi Publik dengan BPS

Pemerintah Desa Krampilan Adakan Forum Konsultasi Publik dengan BPS

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 5 Mei 2023 - 01:00
share

PROBOLINGGO , iNewsProbolinggo . id - Pemerintah Desa Krampilan, Kecamatan Besuk mengadakan Forum Konsultasi Publik dengan Badan Pusat Statistik (BPS) di balai desa setempat, pada Kamis (4/5/2023).

Kegiatan tersebut melibatkan tokoh masyarakat, Kepala dusun, RT dan RW setempat untuk melakukan pemvalidan data jumlah penduduk dan keadaan ekonomi masyarakat di Desa Krampilan, yang dilaksanakan pada tahun 2022 kemarin oleh BPS RI.

Sekretaris Desa Krampilan, Mohammad Ikhsan Ali Ma\'bud mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memvalidkan data antara BPS dan desa, terkait jumlah penduduk dan ekonomi masyarakat yang ada di Desa Krampilan.

BPS bersinergi dengan pemerintah desa, untuk memvalidkan hasil sensus agar hasilnya sama terkait jumlah penduduk dan tingkat kemiskinan dan kesetaraan sosial, yang ada di Desa Krampilan, ungkapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi kepada pihak BPS, karena telah melibatkan Pemerintah Desa untuk menghasilkan sebuah keputusan tentang kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat.

Kami memfungsikan Kepala Dusun, RT - RW, tokoh agama dan Tokoh masyarakat yang berperan aktif di Pemerintah Desa, untuk merumuskan kemiskinan di Desa Krampilan dengan kriteria yang telah ditentukan oleh BPS, ucap Sekdes Krampilan.

Ia berharap dengan adanya Forum Konsultasi Publik tersebut, bisa memghasilkan sesuai dengan realita yang ada di masyarakat.

Sementara itu, Asisten Badan Pusat Statistik, Ari Susetiyo menjelaskan, kegiatan tersebut untuk memvalidasi atau memverifikasi data yang dihasilkan, ketika pelaksanaan program registrasi sosial ekonomi (Regsosek) yang diadakan oleh BPS RI.

Dimana program ini, untuk mendapatkan data penduduk secara valid, baik mengenai jumlahnya, terus keadaan ekonomi, dan lain sebagainya, ucapnya.

Sehingga data ini, Lanjut Ari, bisa satu pintu yang nantinya digunakan oleh beberapa dinas yang memerlukan data tersebut.

Harapan kami dengan kegiatan ini, kita mendapatkan data yang sesuai dengan keadaan yang ada dilapangan, baik jumlah maupun keadaan ekonominya, pungkasnya.

Topik Menarik