Ramai Dianggap Sesat, Pujian untuk Ponpes Al-Zaytun Malah Datang dari Lingkaran Orang Dekat Jokowi

Ramai Dianggap Sesat, Pujian untuk Ponpes Al-Zaytun Malah Datang dari Lingkaran Orang Dekat Jokowi

Nasional | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 01:11
share

Saat banyak pihak melontarkan kritik terhadap Ponpes Al-Zaytun, Moeldoko selaku kepala staf presiden malah memberikan pujian kepada Ponpes Al-Zaytun. Dia memuji Al-Zaytun sebagai pondok yang mandiri karena berhasil mengembangkan ekonomi pesantren, khususnya pertanian.

Menurut Moeldoko, AS Panji Gumilang selaku pimpinan pondok berhasil membawa Al-Zaytun sebagai pelopor kemandirian pesantren.

"Saudara saya DR.KH.Panji Gumilang telah mempelopori bagaimana dunia pesantren mampu dan mandiri menyediakan pangannya sendiri. Untuk itu, saya menaruh hormat karena beberapa tahun yang lalu, saya datang ke sini (Al-Zaytun) melihat kegagalan panen di Indramayu, tetapi yang saya lihat pesantren Al-Zaytun memiliki semangat yang kuat di bidang pangan," kata Moeldoko dikutip dari real youtube alzaytun movie, Kamis (4/5/2023).

Foto Moeldoko menghadiri acara di Al-Zaytun juga sudah tersebar luas dan dianggap sebagai kedekatan Moeldoko dengan AS Panji Gumilang.

Ponpes Al-Zaytun sejak berdirinya selalu kontroversial. Baru-baru ini Al-Zaytun menghebohkan warganet karena makmum perempuan yang berdiri sejajar dengan makmum laki-laki. Kemudian, ada orang nonmuslim yang duduk saat mereka Salat Id.

Topik Menarik