Siswa SMAN 5 Lamba Leda Raih Juara 2 Lomba Cipta dan Baca Puisi FLS2N Manggarai Timur

Siswa SMAN 5 Lamba Leda Raih Juara 2 Lomba Cipta dan Baca Puisi FLS2N Manggarai Timur

Nasional | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 02:02
share

Borong, iNewsFlores.id - Seorang siswa SMA Negeri 5 Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, NTT berhasil meraih juara dua kategori Cipta dan Baca Puisi dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) tingkat MKKS se-Kabupaten Manggarai Timur. Lomba yang diikuti oleh sebanyak 46 sekolah itu digelar di SMAN 5 Pocoranaka, Mano, Kecamatan Lamba Leda Selatan selama tiga hari dimulai 28 hingga 30 April kemarin.

Pemilik nama lengkap Josefine Pedrova Januarti (17) itu berhasil mengukir prestasi gemilang mengharumkan nama baik SMAN 5 Lamba Leda yang berlokasi di Rehut, Desa Golo Munga Barat, Kecamatan Lamba Leda Utara, Kabupaten Manggarai Timur. Eva, begitu ia akrab disapa yang saat ini duduk di kelas XI itu merupakan warga Rehut Compang, Desa Golo Munga Barat.

Eva mengatakan, kesuksesan yang diraihnya tidak terlepas dari dukungan dan doa orang tuanya, seluruh siswa serta guru SMAN 5 Lamba Leda. Ia mengaku, puisi yang berjudul Garuda Masa Depan itu merupakan hasil karya yang ia ciptakan sendiri dengan bantuan guru pembimbingnya.

Saya sangat terharu dan bangga karena bisa meraih prestasi kategori Cipta dan Baca Puisi, ujarnya kepada wartawan melalui sambungan telepon Senin, 1 Mei 2023.

Putri keempat dari pasangan Viktor Aman dan Veronika Iman itu menjelaskan, dirinya memiliki motivasi yang besar dan niat serta kemauan yang kuat untuk bisa mengukir prestasi gemilang sehingga bisa mengharumkan nama baik SMAN 5 Lamba Leda.

Salah satu guru pembimbing, Martinus Nusri, S.Pd mengatakan, pihaknya selalu memberi motivasi kepada siswa. Bahkan kata dia, pihaknya selalu membimbing dengan hati untuk bisa meraih prestasi. Alumni Universitas Flores itu mengakui bahwa, dirinya selaku pembimbing harus mengenal dengan baik karakter siswa secara lebih dekat.

Guru pembimbing juga terang dia, dituntut untuk membuat perencanaan yang matang agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Pembimbing dapat mendidik, mengarahkan, dan melatih siswa untuk menampilkan yang terbaik pada saat lomba berlangsung.

Persiapan kami selama satu minggu lebih latihan. Meskipun masuk hari libur saat itu. Kami tetap semangat latihan setiap sore, ujarnya kepada wartawan melalui WhatsApp Senin, 1 Mei 2023.

Guru pembimbing utama, Gabriella Dian James, S.Pd mengatakan, dirinya selalu memberikan motivasi kepada siswanya agar bisa meraih prestasi. Alumni Universitas 45 Makassar itu mengaku, pihaknya ingin membuktikan bahwa, meski SMAN 5 berlokasi di kampung, namun bisa bersaing dengan sekolah lain di Manggarai Timur.

Kami ingin menunjukkan kepada sekolah lain bahwa SMAN 5 Lamba Leda memang berada di kampung, bahkan daerah terpencil, tetapi bisa bersaing dengan sekolah-sekolah di kota, ujarnya kepada wartawan melalui WhatsApp Senin, 1 Mei 2023.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri 5 Lamba Leda, Fransiskus Kam, S.Pd mengatakan, pihaknya merasa sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh siswa SMA Negeri 5 Lamba Leda. Ia juga mengapresiasi guru pembimbing karena telah bekerja secara maksimal dalam rangka mengharumkan nama SMAN 5 Lamba Leda.

Terima kasih kepada teman-teman guru pembimbing karena berkat motivasi dari semua para guru sehingga bisa meraih prestasi ini, ujarnya.

Kepsek Frans berharap kepada siswa dan guru SMAN 5 Lamba Leda agar bisa mempertahankan prestasi ini dan bisa meningkatkan prestasi yang diraih saat ini.

Pokoknya sangat bangga dan saya mengucapkan terima kasih kepada guru dan siswa yang juara lomba, karena dapat mengharumkan SMAN 5 Lamba Leda, ucapnya.

Untuk diketahui, juara satu kategori Cipta dan Baca Puisi dalam kegiatan FL2SN tersebut diraih oleh siswa SMAK St. Arnoldus Mukun kemudian juara dua diraih siswa SMAN 5 Lamba Leda. Selanjutnya juara tiga diraih oleh siswa SMAN 2 Lamba Leda, peringkat empat diraih SMAN 6 Elar. Peringkat lima diraih SMA Pancasila Borong dan disusul SMAN 4 Kota Komba.

Berikut Puisi Karya Eva Raman yang Meraih Juara 2 FLS2N Tingkat Kabupaten Manggarai Timur

Garuda Masa Depan
Karya: Eva Raman

Wahai insan yang tak berdaya
Engkau bagaikan tanaman yang melayu
Pernahkah engkau memahami
Pernahkan engkau menyadari
Engkau adalah penerus bangsa ini

Lihatlah di luar sana masih banyak teriakan
Histerisnya jeritan anak-anak bangsa
Rintihan tangis yang hampir tak terdengar asalnya
Masih banyak pertikaian terjadi
Gara-gara politik, perbedaan pandangan

Tidakkah nuranimu tergugah
Tidakkah jiwamu memberontak
Kita sama
Lahir dan berumbuh di bumi yang sama
Bergerak dan berpijak di tanah yang sama
Tanah air Indonesia

Siapkah engkau menjadi garuda
Kepakkan sayap menjaga bangsamu
Bergerak menyelimuti negeri ini
Dengan Merah Putih yang penuh asa
Terbang menabur persatuan
Taburilah negeri ini dengan semangat perdamaian
Sehingga tumbuh benih tekad dan semangat persaudaraan

Dalam darah generasi bangsa
Mencabut akar belenggu ketidakadilan
Menyiram tanah Indonesia dengan belarasa
Agar menghasilkan buah perdamaian
Senyum dan tawa menjadi bunga
Yang bermekaran di bumi pertiwi ini

Topik Menarik