Ukraina Klaim Berhasil Tembak Jatuh 15 Rudal Rusia

Ukraina Klaim Berhasil Tembak Jatuh 15 Rudal Rusia

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 19:10
share

Berita Baru, Kiev Ukraina mengatakan pertahanan udaranya telah menghancurkan 15 dari 18 rudal yang diluncurkan oleh pasukan Rusia saat Rusia mengintensifkan serangan terhadap tetangganya dalam beberapa hari terakhir.

Sekitar pukul 02.30 [pada hari Senin, 23:30 GMT pada hari Minggu] penjajah Rusia menyerang Ukraina dari pesawat penerbangan strategis, kata Panglima Angkatan Bersenjata Valeriy Zaluzhnyi di saluran Telegramnya, dikutip dari Reuters .

Tidak ada korban sipil atau kerusakan bangunan atau infrastruktur tempat tinggal yang dicatat, kata pejabat di Kyiv.

Semua rudal yang diarahkan ke ibu kota Ukraina dihancurkan dalam apa yang mereka katakan sebagai serangan kedua di Kyiv dalam tiga hari.

Sistem pertahanan udara juga dipanggil untuk melindungi wilayah Kyiv, yang merupakan entitas administrasi terpisah dari ibu kota, kata para pejabat.

Di wilayah selatan Kherson, setidaknya satu orang tewas dalam serangan Rusia.

Selama beberapa hari terakhir, musuh melakukan 39 penembakan, menembakkan 163 peluru dari artileri berat, Grads [peluncur roket ganda], UAV [kendaraan udara tak berawak, atau drone] dan penerbangan, kata Oleksandr Prokudin dari administrasi militer untuk Kherson .

Musuh menembaki kota Kherson delapan kali. Akibat agresi Rusia, satu orang tewas dan tiga lainnya, termasuk seorang anak, terluka.

Rusia masih menguasai sebagian wilayah Kherson tetapi menarik diri dari ibu kota regional dengan nama yang sama pada November.

Rudal Rusia juga menargetkan pusat kota Dnipro. Awak pertahanan udara menembak jatuh tujuh rudal, tetapi 25 orang mencari bantuan medis, kata seorang pejabat dewan regional.

Kota timur Pavlohrad dihantam dua kali dalam semalam, dan sebuah perusahaan industri, 19 bangunan apartemen dan 25 bangunan pribadi rusak atau hancur, katanya.

Sistem pertahanan udara Ukraina telah didukung dalam beberapa bulan terakhir dengan pengiriman peralatan Barat, termasuk sistem rudal Patriot Amerika yang diterima pada bulan April.

Serangan Rusia terbaru dilakukan saat Kyiv bersiap untuk serangan balasan yang telah lama ditunggu-tunggu, setelah berjanji untuk mengusir pasukan Rusia dari wilayah yang mereka rebut di timur dan selatan setelah invasi tahun 2022.

Topik Menarik