Pertigaan Pekayon Banjir, PLT Wali Kota Bekasi Sebut karena Pohon Tumbang

Pertigaan Pekayon Banjir, PLT Wali Kota Bekasi Sebut karena Pohon Tumbang

Nasional | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 01:15
share

BEKASI - Hujan deras sempat mengguyur wilayah Kota Bekasi pada Rabu (26/04/2023), hal tersebut mengakibatkan beberapa titik ruas jalan terendam banjir. Akibatnya, kemacetan panjang terjadi di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan tepatnya di lampu merah pertigaan Pekayon.

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan banjir itu disebabkan warga yang menebang pohon. Akibatnya air menggenang di ruas Jalan Ahmad Yani dan Jalan Raya Pekayon.

Ganjar Belajar Jejak Perjuangan Bung Karno di Museum Multatuli

"Jadi gini, kemarin itu ternyata ada warga masyarakat yang menebang pohon, sehingga ada saluran yang kemudian terhambat," ucap Tri kepada wartawan, Sabtu (29/04/2023).

Ia menuturkan dua pohon yang ditebang oleh warga menyebabkan dranaise air tidak berfungsi dengan baik. Sehingga air yang seharusnya bisa mengalir ke Kali Bekasi menggenang di ruas jalan tersebut.

Belajar dari Kasus Polisi Bunuh Diri, Kompolnas Sarankan Ada Psikolog di Tiap Polres

"Jadi kalo kemarin ada dua pohon yang menutup saluran yang menuju ke arah Kali Bekasi," katanya.

Ia menyebut pihaknya telah melakukan evaluasi terkait banjir itu, karena dampaknya sangat merugikan warga. Sebab saat banjir arus lalu lintas dari arah pintu Tol Bekasi Barat menuju Pekayon sempat ditutup, yang mengakibatkan kemacetan panjang di Jalan Ahmad Yani.

"Secara umum, itu sedang kita lakukan evaluasi secara menyeluruh, bagaimana terkait dengan perubahan dengan tata Kelolaan lahan yang ada di wilayah, terkait dengan bagaimana mempertahankan agar tidak menambah jumlah genangan air yang ada," katanya.

Sebelumnya, pantauan MNC Portal Indonesia saat terjadi banjir pada Rabu (26/04) sekitar pukul 16.30 WIB, Ketinggian air banjir kurang lebih 30 cm di dua ruas tersebut. Akibatnya petugas kepolisian menutup ruas jalan yang akan mengarah ke Jalan Raya Pekayon, pengendara harus memilih jalur alternatif lain jika ingin bertolak ke wilayah Pekayon.

Terlihat beberapa pengendara yang memaksakan diri melintas ke Jalan Raya Pekayon terpaksa mendorong sepeda motornya. Pengendara yang sepeda motornya sudah mati mesin terlihat berhenti di bahu jalan untuk memperbaiki.

Topik Menarik