5 Fakta Menara Saidah Menyala Merah, Puluhan Tahun Tidak Dialiri Listrik

5 Fakta Menara Saidah Menyala Merah, Puluhan Tahun Tidak Dialiri Listrik

Nasional | BuddyKu | Rabu, 29 Maret 2023 - 04:50
share

JAKARTA - Menara Saidah kembali viral lantaran menyala merah. Di mana sebuah video menampilkan Menara Saidah menyala merah terang.

Hal tersebut tebty membuat jagat warganet heboh, sebab Menara Saidah terbengkalai sejak 2007. Warganet menduga adanya keanehan lantaran gedung pencakar langit itu selalu menyala di kala waktu Maghrib.

Berikut sejumlah 5 fakta terkait Menara Saidah

1. Pemilik Menara Saidah

Awalnya gedung tersebut milik pendiri PT Mustika Ratu yakni Mooryati Soedibyo. Namun di tahun 1995 gedung ini dilelang, kemudian dimenangkan oleh keluarga Saidah yang kepemilikannya diserahkan kepada Fajri Setiawan.

Di bawah kekuasaan keluarga Saidah, gedung ini pun direnovasi. Perubahan yang tampak nyata adalah penambahan jumlah lantai hingga 28 tingkat.

Setelah Fajri Setiawan meninggal, kepemilikan gedung akhirnya berpindah tangan ke suami Inneke Koesherawati sekaligus putra bungsu Nyonya Saidah yaitu Fahmi Darmawansyah.

Adapun Fahmi Darmawansyah diketahui tersandung kasus dugaan suap kepengurusan anggaran Badan Keamanan Laut (Bakamla) pada tahun 2017 dan telah resmi ditangkap dengan vonis 2 tahun 8 bulan serta wajib membayar denda Rp150 juta.

2. Tidak Dialiri Listrik

Sekretaris RW 01, Muhammad Akbar (42) menyampaikan peristiwa yang viral tersebut sebagai suatu hal yang mustahil. Dia mengatakan Menara Saidah ini sudah tidak dialiri listrik sejak puluhan tahun yang lalu.

Akbar menyampaikan, sejak lama Menara Saidah tersebut sering mengalami gelap gulita. Ia pun tidak meyakini adanya kebakaran atau peristiwa ganjil lainnya, karena dapat dipastikan dirinya beserta warga juga mengetahui hal tersebut.

"Malam di sini itu gedung (Menara Saidah) gelap sama sekali. Tapi di situ sih masih ada petugas yang berjaga," katanya.

3. Tempat Pemotongan Kurban

Meski tidak beroperasi, Menara Saidah masih dijaga oleh tiga orang petugas setiap harinya. Ia menuturkan meski tidak terpakai, Menara Saidah tersebut masih digunakan dalam sejumlah kegiatan tertentu.

Salah satunya yakni pemotongan hewan qurban saat Hari Raya Idul Adha. Pelataran gedung itu digunakan untuk menyembih hewan qurban.

4. Dulu Perkantoran Mewah

Dahulu kala, nama Menara Saidah terkenal sebagai gedung perkantoran yang mewah dan menakjubkan. Namun seiring perjalanan waktu, Menara Saidah yang terletak di Jalan MT Haryono, Jakarta, terbengkalai dan ditinggalkan penghuninya.

Sejak saat itu, banyak beredar informasi tentang Menara Saidah. Gedung itu kembali viral setelah tertangkap kamera terlihat menyala merah.

Banyak cerita di masyarakat tentang gedung tersebut. Bukan hanya dari sejarahnya, namun juga dari beragam kisah mistis yang bikin bulu kuduk merinding.

5. Dilarang Buat Konten

Petugas yang berjaga di Menara Saidah mengizinkan MPI untuk mengambil gambar di luar pagar komplek Menara yang diduga mengalami kemiringan tersebut.

Tampak di pagar yang berbentuk apa adanya itu, tertulis sebuah tulisan besar:

"DILARANG MASUK + POTO, BUAT KONTEN DAN BIKIN VIDEO," tulis narasi yang tertera di pagar berbahan seng tersebut.

Topik Menarik