Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat 1 Ramadhan 1444 H Secara Luring

Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat 1 Ramadhan 1444 H Secara Luring

Nasional | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 17:19
share

Jakarta - Pemerintah Indonesia akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Ramadan 1444 H pada hari Rabu, 22 Maret 2023. Sidang akan dilaksanakan secara luring di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama.

Sidang isbat ini merupakan pertemuan penting yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Agama untuk menentukan awal bulan Ramadhan, yang kemudian akan menentukan awal puasa bagi umat Muslim di Indonesia.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, seluruh sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Rabu, bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 00.23 WIB. Selain itu, posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Ramadan 1444 H, juga sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan oleh MABIMS, gabungan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Pada hari rukyat, 29 Syakban 1444 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat.

Kamaruddin menambahkan bahwa hasil rukyatul hilal yang dilakukan di seluruh Indonesia, sebanyak 124 titik rukyatul hilal, akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan dalam sidang isbat awal Ramadan 1444 H. Sidang tersebut akan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri oleh sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga dan instansi terkait, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

Adapun hasil sidang isbat awal Ramadan 1444 H akan segera disampaikan kepada seluruh umat Muslim di Indonesia melalui pengumuman resmi dari Kementerian Agama. Hal ini diharapkan dapat membantu umat Muslim di Indonesia untuk mempersiapkan diri secara lebih matang dalam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Topik Menarik