Pengamat Rekomendasikan Saham BUMN di Musim Bagi Dividen, Ini Alasannya

Pengamat Rekomendasikan Saham BUMN di Musim Bagi Dividen, Ini Alasannya

Nasional | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 12:13
share

JAKARTA, iNews.id - Pelaku pasar modal disarankan mengoleksi saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di musim pembagian dividen oleh emiten (perusahaan tercatat) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hal itu, direkomendasikan pengamat pasar modal, Riska Afriani. Alasannya, emiten BUMN secara konsisten membagikan dividen karena merupakan hal yang wajib bagi perusahaan milik negara.

\'\'Bahkan di akhir tahun kemarin bapak Jokowi juga menyampaikan bahwa dividen yang dibagikan di tahun ini harus meningkat hingga Rp49 triliun,\'\' kata Riska, saat Create Up IDX Channel di Jakarta, Senin 20/03/2023.

Dia mengungkapkan, saham BUMN yang paling menarik adalah perbankan dan juga komoditas. Pasalnya, kinerja saham komoditas pada tahun 2022 meningkat sehingga potensi pembagian dividennya lebih besar.

Riska menjelaskan, waktu pembelian yang paling tepat dilakukan adalah saat ex date. Jadi para investor dapat mencermati laporan keuangan serta riawayat pembagian dividen emiten tersebut terlebih dahulu.

\'\'Sehingga pada saat masa RUPS, harga saham naik dan kita mendapatkan keuntungan capital gain, dan pasca ex date meskipun harga turun tapi kita sudah mendapat kenaikan di capital gain,\'\' ungkap Riska.

Berdasarkan kinerja keuangan, emiten BUMN maupun swasta yang sahamnya direkomendasikan Riska untuk diburu atau dikoleksi pelaku pasar adalah PTBA, Telkom, Adaro, dan Astra.

Topik Menarik