China Larang Mahasiswa Gunakan ChatGPT

China Larang Mahasiswa Gunakan ChatGPT

Nasional | BuddyKu | Jum'at, 24 Februari 2023 - 14:45
share

IDXChannel - Universitas di China mulai melarang mahasiswanya menggunakan ChatGPT buatan OpenAI. Pasalnya, chatbot tersebut berpotensi mendorong plagiarisme dan menumpulkan kreativitas mahasiswa.

Dalam surat yang dikirimkan kepada para mahasiswa, Baptist University memberi tahu para mahasiswa bahwa mereka untuk sementara ini dilarang menggunakan chatbot bertenaga AI hingga waktu yang belum ditentukan.


Baptist University telah menjadi institusi pendidikan tinggi kedua di Hong Kong yang melarang siswanya menggunakan chatbot kecerdasan buatan ChatGPT yang kontroversial dalam tugas mereka karena kekhawatiran akan plagiarisme.


Bagi mahasiswa yang melanggar, Baptist University akan mengenakan hukuman setara plagiarisme dan bentuk ketidakjujuran akademik lainnya. Mereka akan mendapat pengurangan nilai, kegagalan kursus, skorsing dan DO.


"Universitas mengharapkan mahasiswa untuk menjunjung tinggi integritas akademik setiap saat, kata wakil Presiden Pengajaran dan Pembelajaran Baptist University, Albert Chau Wai-lap, dikutip dari The Star, Jumat (24/2/2023).


Untuk diketahui, pelarangan penggunaan ChatGPT sendiri sudah lebih dahulu diterapkan oleh University of Hong Kong pada pekan lalu. Mereka juga mengumumkan siswa dilarang menggunakan ChatGPT atau alat serupa untuk tugas kuliah, setidaknya untuk saat ini.


Bukan tidak mungkin universitas lain di China juga akan mengambil langkah serupa. Terlebih para pemimpin pendidikan di sana juga telah mengatakan bahwa mereka sedang mempelajari lebih lanjut teknologi baru tersebut untuk membahas kebijakan ini. ( RRD )

Topik Menarik