Ukraina Klaim Tewaskan 800 Tentara Rusia, Kebanyakan di Donetsk

Ukraina Klaim Tewaskan 800 Tentara Rusia, Kebanyakan di Donetsk

Nasional | BuddyKu | Kamis, 5 Januari 2023 - 15:22
share

KIEV, iNews.id Militer Ukraina mengklaim telah menewaskan 800 tentara Rusia dalam beberapa hari terakhir. Sebagian besar dari mereka dikatakan meninggal dalam pertempuran di Donetsk, wilayah yang terletak di bagian timur Ukraina.

Menurut militer Ukraina, pasukan Rusia saat ini tengah fokus pada serangan di daerah Bakhmut. Sementara serangan tentara Moskow di daerah Avdiivka dan Kupiansk gagal.

Selain menewaskan lebih dari 800 tentara musuh, Ukraina juga mengklaim telah menghancurkan satu pesawat, helikopter, dan tiga tank Rusia selama beberapa hari terakhir.

Militer Kiev juga melaporkan terdapat korban di kalangan warga sipil akibat dari serangan udara, rudal, dan roket Rusia di Kota Bakhmut yang dikuasai Ukraina, serta dua kota lain di wilayah Donetsk yakni Kostiantynivka dan Kurakhove.

Rusia membantah telah menyasar warga sipil dalam operasi militernya di Ukraina. Sementara kantor berita Reuters tidak dapat memverifikasi situasi di medan perang secara independen.

Dalam pidatonya tadi malam, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukannya di luar Bakhmut berhasil menimbulkan banyak kerugian di pihak musuh. Sementara Rusia membangun pasukannya di wilayah tersebut.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Malyar, mengungkapkan lewat aplikasi Telegram jika melihat kerugian yang signifikan yang dialami Rusia saat ini, ada kemungkinan Moskow harus mengumumkan mobilisasi parsial lagi pada kuartal pertama tahun ini.

Menurut kantor berita TASS , Gubernur Wilayah Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia, Yegeny Balitsky, mengatakan bahwa artileri Ukraina menewaskan lima orang dan melukai 15 orang lainnya termasuk empat pekerja darurat.

Topik Menarik