Kapolda Papua Pimpin Sertijab 3 Pejabat Utama dan 3 Kapolres, Ini Daftar Lengkapnya

Kapolda Papua Pimpin Sertijab 3 Pejabat Utama dan 3 Kapolres, Ini Daftar Lengkapnya

Nasional | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 13:54
share

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri memimpin pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) 3 pejabat utama dan 3 Kapolres. Pelaksanaan sertijab berlangsung di Aula Rastra Samara Polda Papua.

Para pejabat yang disertijab yakni Kabid TIK Polda Papua. Sebelumnya dijabat Kombes Pol Erick Kadir Sully yang kini dimutasi menjadi Karoops Polda Papua Barat. Penggantinya Kombes Pol I Gusti Gde Era Adhinata yang sebelumnya menjabat Wadir Reskrimsus Polda Papua.

Kemudian Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Humas Polda dimutasi menjadi Kabagmitra Ropenmas Divhumas Mabes Polri Papua. Posisinya digantikan Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo yang sebelumnya menjabat Waka SPN Polda Papua.

Selanjutnya jabatan Kabid Keu Polda Papua, sebelumnya dipegang Kombes Pol Widianto Wahyu Nugroho yang kini menjabat sebagai Kabidkeu Polda Riau. Posisinya digantikan Kombes Pol Singgih Rachmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Keu Polda Sulteng.

Tidak hanya pejabat utama, ada 3 Kapolres yang melaksanakan sertijab yakni AKBP Adi Tri Widiyanto dari Kapolres Biak Numfor diangkat sebagai Kabag RBP Rorena Polda Papua. Posisinya digantikan AKBP Damianus Dedy Susanto dari Kapolres Mappi.

Kemudian Kapolres Mappi akan dijabat Kompol Yustinus Saranga Kadang yang promosi jabatan dari sebelumnya menjebat sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimum Polda Papua.

Selanjutnya AKBP Cahyo Sukarnito dari Kapolres Pegunungan Bintang diangkat sebagai Kabagbinkar Ro SDM Polda Papua. Posisinya digantikan AKBP Mohamad Dafi Bastomi dari Pamen Polda Papua.

Kapolda Papua mengatakan, kegiatan sertijab dalam suatu organisasi merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi. Kemudian memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi sehingga organisasi akan terus berjalan dan berkesinambungan.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih dan beri penghargaan yang setinggi-tingginya atas kinerja dan loyalitas yang baik kepada pejabat lama.

Saya yakin dengan bekal pengalaman bertugas selama di Polda Papua, saudara akan lebih sukses di tempat yang baru. Selanjutnya kepada pejabat yang baru saja dilantik, atas nama pribadi dan kesatuan saya ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dengan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai pejabat utama dan Kapolres di jajaran Polda Papua, ujar Kapolda, Rabu (3/1/2023).

Dia menambahkan, di dalam negeri akan menghadapi perhelatan pemilu, energi politik akan dicurahkan menghadapi tahun politik sehingga eskalasi kerawanan politik dan keamanan dalam negeri otomatis akan meningkat. Oleh karena itu butuhnya deteksi dini yang akurat.

Polri memang tidak mengurus langsung urusan ekonomi dan politik. Namun peran Polri sebagai supporting system untuk ikut memastikan berbagai program strategis pemerintah berjalan baik di lapangan sangat diperlukan, katanya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakapolda Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat, Ketua Bhayangkari Daerah Papua Eva Mathius Fakhiri, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua Yuli Ramdani Hidayat, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare beserta para pejabat utama Polda Papua.

Topik Menarik